You are here
Disnaker Koperindag Samosir Gelar Pelatihan Koperasi dan UMKM Daerah Ekonomi & Bisnis 

Disnaker Koperindag Samosir Gelar Pelatihan Koperasi dan UMKM

topmetro.news – Sebanyak 113 peserta dari kalangan pengurus dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengikuti pelatihan dan pendampingan yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Disnaker Koperindag Samosir) di Hotel JTS, Senin (13/5/2019).

Kepala Disnaker Koperindag Samosir Vikbon Simbolon melalui Kabid Koperasi dan UKM Resmin Situmorang dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan di bidang koperasi dan UMKM. Akan diadakan selama tiga hari mulai 13 Mei sampai 15 Mei.

“Peserta dalam kegiatan ini yakni 70 orang pengurus koperasi dan 43 pelaku UMKM. Ada pun pendanaan kegiatan ini bersumber dari APBD Samosir TA 2019 dari dana DAK non-fisik,” kata Resmin Situmorang.

Sekda Kabupaten Samosir Jabiat Sagala saat membuka acara menyatakan bahwa pelatihan dan pendampingan UMKM ini memiliki peran penting dalam membantu mengembangkan usaha koperasi dan UMKM. Lewat kegiatan ini, diharapkan KUMKM mampu berkembang dan berdaya saing.

“Sebagai daerah kawasan wisata, kita harus terus meningkatkan perhatian dengan memberikan pelatihan-pelatihan demi peningkatan kinerja koperasi dan UKM di Samosir. Dengan kata lain, potensi koperasi dan UKM harus terus digali dan disokong. Salah satunya melalui pelatihan yang diberikan,” ujar Jabiat Sagala.

Potensi Industri Kreatif

Terlebih, lanjutnya, potensi pengembangan industri kreatif kerajinan di Kabupaten Samosir mempunyai beraneka ragam produk industri kreatif kerajinan. Seperti: tenun, ulos, anyaman pandan, ukiran, kuliner khas Samosir. Ini perlu dikembangkan guna menunjang sebagai kawasan wisata.

“Pengembangan industri kreatif kerajinan ini merupakan sektor yang sangat vital untuk dikembangkan secara terus menerus. Baik untuk menyediakan souvenir bagi para touris ataupun wisatawan sebagai daerah tujuan wisata. Maupun sebagai sentra yang menjadi objek kunjungan wisata,” jelasnya.

Jabiat menambahkan, diharapkan seusai pelatihan ini, para peserta jangan dilepas begitu saja. Pendamping khususnya bagi pelaku UKM harus terus didampingi sehingga pelaku usaha makin berkembang.

Di hari pertama pelatihan, para peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama untuk para pengurus, manajer dan karyawan koperasi yang narasumber Ika Silalahi dari Balai Latihan Koperasi dan UKM Sumut.

Untuk peserta pelaku UMKM dinarasumberi oleh Erna Diah Wilujeng dari praktisi Kementerian Koperasi dan UKM RI.

BACA | Pemkab Samosir Gelar Pameran Ulos dan Gebyar Budaya Harmoni Indonesia

Hadir Binsar Pangaribuan selaku Kabid Penyuluhan Pelayanan dan Humas Dirjen Pajak Kantor Wilayah Pematang Siantar. Juga Bangkit Bina Aji selaku Kabid Pendaftaran Ekstensifikasi dan Pendataan Dirjen Pajak Kantor Wilayah Pematangsiantar.

reporter | Tetty Naibaho

125 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment