Wow, Segini Jumlah Pasukan Pengamanan KPU 22 Mei

Pasukan Pengamanan KPU

Topmetro.News – Pasukan pengamanan KPU yang dikerahkan pada Rabu (22/5/2019) mendatang, jumlahnya tak tanggung-tanggung. Untuk pasukan pengamanan KPU saat mengumumkan hasil akhir pemenangan Pilpres, polisi mengerahkan 32 ribu orang personil. Ini semata-mata untuk mengantisipasi hal-hal buruk seperti kerusuhan yang (bakal) mungkin terjadi.

Pasukan Pengamanan KPU dan Bawaslu

Seperti disiarkan pojoksatu, ikhwal polisi menyiapkan pasukan ini untuk menjaga KPU dan Bawaslu yang kemungkinan akan dikepung pendukung pasangan capres 02, Prabowo-Sandiaga Uno.

Rencananya, gelar pasukan dalam rangka pengamanan ini sudah dimulai sejak 20 Mei atau dua hari jelang penetapan pemenang Pilpres 2019.

Obyek Vital Dijaga Ketat

“Kurang lebih 32 ribu personel dalam rangka untuk melakukan pengamanan sebelum pelaksanaan tanggal 22. Artinya tanggal 20 sudah siap semua, fokus dan sasaran pengamanan KPU-Bawaslu, dan obyek-obyek vital nasional lainnya,” jelas Brigjen Dedi Prasetyo, Karo Penmas Divisi Humas Polri di Mabes Polri, Senin (13/5/2019).

Untuk hari H atau tanggal pengumuman KPU pada 22 Mei, jelas Dedi, pengamanan dibagi ke dalam empat ring.

Dia merinci, ring satu merupakan kantor KPU.

Di ring ini, jelasnya pula, harus betul-betul clear lantaran tempat menyampaikan hasil pemenang Pilpres secara terbuka.

“Itu penting, di ring 1 harus clear, pengamanan harus ketat agar tidak mengganggu proses penyampaian yang akan disampaikan KPU,” ujarnya.

Kemudian, lanjut polisi, di ring dua sekitar gedung KPU, atau di lingkungan dalam gedung KPU akan diawasi ketat, semua pengunjung akan diverifikasi dengan safety door.

“Dan ring 3 di halaman, seluruh kendaraan yang mau masuk KPU harus diperiksa. Ring 4 adalah seluruh jalan,” pungkas Dedi.

baca juga | REKAPITULASI HARI KE-6 DI MEDAN: JOKOWI-MA’RUF MASIH UNGGUL

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, di hari ke-6 rapat pleno terbuka rekapitulasi pilpres dan perhitungan suara pada Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Sumut, dan DPRD Kota Medan Tahun 2019 yang berlangsung, Rabu dinihari (8/5/2019), Paslon 01 H Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin masih mengungguli Paslon 02 Prabowo-Sandi.

Dengan begitu, dari 10 kecamatan di Medan yang dirapatplenokan berturut-turut di Hotel Grand Inna Medan, untuk sementara Paslon 01 berada di depan dengan total perolehan 229.668 suara. Sedangkan pesaingnya Paslon 02 mendulang 203.339 suara.

Hasil rekapitulasi perolehan suara di tiga kecamatan terakhir yakni Medan Polonia, Paslon 01 unggul dengan mendulang 15.251 suara. Sedangkan Paslon 02 memperoleh 12.724 suara. Satu kecamatan lainnya yaitu Medan Amplas juga telah direkapitulasi. Namun luput dari pengamatan awak media.

Sementara di Medan Sunggal Paslon 01 tertinggal yakni dengan perolehan 28.575 suara. Paslon 02 memimpin dengan perolehan 34.142 suara. Namun di Medan Petisah, Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin kembali unggul dengan perolehan 24.486 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi tertinggal dengan perolehan 13 259 suara.

Related posts

Leave a Comment