You are here
Uang Korban Penipuan Rp1,7 M Diduga untuk Pencalegan Terdakwa Kota Medan 

Uang Korban Penipuan Rp1,7 M Diduga untuk Pencalegan Terdakwa

topmetro.news – Giliran Jimmy dan istrinya Reni Rossiana Lumbangaol selaku saksi korban penipuan Rp1,7 miliar dengan terdakwa Tje Kim Heng alias Kim Heng (54) memberikan keterangan di Ruang Cakra 8 PN Medan, Rabu (15/5/2019).

Kerjasama di bidang ternak ayam petelur sebagaimana dijanjikan terdakwa kepada istrinya diduga kuat hanya sebagai alasan semata. Sebab rumor berkembang terdakwa ikut menjadi caleg pada Pemilu 2019. Dan bukan rahasia umum lagi perlu dana.

Suami saksi korban mengaku terlanjur percaya pada terdakwa. Karena bila melihat tindak tanduknya termasuk orang baik. Terdakwa pernah memberi telur ayam ke gereja mereka dengan cuma-cuma ketika Hari Paskah. Itulah awal mula dirinya memberikan bantuan pada terdakwa.

Bantuan dana itu diberikan Jimmy secara cash (tunai) secara bertahap. Dan tidak diingat lagi rinciannya. Namun bila ditotal mencapai Rp1,7 miliar lebih. Diberikan sebanyak 30 kali sejak 2017 sampai 2018. Bahkan setiap memberikan dana, terdakwa memberikan bilyet giro pada saksi.

Menurut Jimmy, selain uangnya juga ada uang adik iparnya dan Bu Sitorus serta orang lain sejumlah sembilan orang. Saksi juga menerangkan dirinya diiming-imingi dapat keuntungan Rp100 per butir telur hasil peternakan ayam. Namun kenyataannya tidak ada.

Korban Penipuan Didatangi Polisi

Sementara sebelumnya, istrinya bernama Reni Lumbangaol menerangkan, terdakwa Tje Kim Heng pernah memanggil oknum polisi saat dirinya datang ke rumah terdakwa Tje Kim Heng untuk menagih uangnya.

“Saya sudah pernah ke rumahnya. Dia (terdakwa) lari bersembunyi ke kandang ayam. Terus dia datang bersama oknum polisi. Ini bukan uang kami saja. Uang adik saya ada sekitar Rp300 juta lebih,” terangnya sembari menangis terisak.

Sementara Penuntut Umum Tiorida J Hutagaol SH dalam dakwaannya menyebutkan, awal tahun 2016 saksi korban Reni Rosianna Lumbangaol kenal dengan terdakwa Tje Kim Heng. Terdakwa merupakan teman dekat dari suaminya, Jimmy SE.

Pada Juli 2017, suaminya menyuruhnya untuk meminjamkan uang untuk proses perkreditan dan membesarkan usaha peternakan ayam milik terdakwa. Tje Kim Heng berjanji akan mengembalikan seluruh uang pinjamannya paling lama Maret 2018.

Saksi korban diiming-imingi akan mendapatkan keuntungan Rp100 untuk setiap telur hasil ternak ayam. Namun hingga perkara ini disidangkan, uang mereka tidak mampu dikembalikan. Terdakwa dijerat pidana Pasal 378 dan 372 KUHPidana.

reporter | Robert Siregar

671 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment