Pemudik Jalur Lintas Tengah Sumatera, Harap Lebih Hati-hati

pemudik jalur lintas tengah

Topmetro.News – Pemudik jalur lintas tengah Sumatera yang menggunakan moda transportasi darat tahun ini diminta untuk lebih berhati-hati. Terutama bagi pemudik lintas tengah yang melintas di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Pasalnya dari arah Pal XI Tapanuli Selatan menuju batas Kabupaten Tapanuli Utara sekitar 43 kilometer ruas jalan ini jauh dari pemandangan kondisi ruas jalan nasional namun di kiri kanan bahu jalan banyak amblas akibat erosi lantaran minimnya drainase.

Pemudik Jalur Lintas Tengah di Malam Hari

Dari monitoring Topmetro.News Minggu (5/5/2019) lalu, lubang-lubang tampak menghiasi badan jalan yang cukup banyak sehingga dikhawatirkan mengganggu keselamatan jiwa para pengendara kendaraan.

“Bila ingin melintasi wilayah ini apalagi membawa keluarga besar sebaiknya hindari jalan pada malam hari karena kondisi jalan tambah minimnya penerangan jalan,” saran Malik (54) salah seorang pengendara mobil asal Binjai, sebagaimana dilaporkan antaranews.

Jalan Lintas Sipirok-Sidimpuan

Malik yang mengaku sering melintas ruas jalan via Sipirok bila hendak ke Padangsidimpuan ini mengaku kesal perhatian pemerintah pusat atas minimnya perbaikan ruas jalan nasional di wilayah Tapanuli Selatan.

“Padahal dari Binjai lewat Parapat masuk Tarutung (Tapanuli Utara) hingga perbatasan Tapanuli Selatan kita rasakan kondisi hotmix ruas jalan nasionalnya relatif memadai atau laik.”

Banyak Terjadi Kecelakaan

Contoh di daerah Desa Hutaimbaru seratusan meter badan jalannya berlubang dan bahu jalan banyak yang amblas, begitupun di Desa Luat Lombang, Hutaimbaru, Bulu Payung, Batu Jomba dan Aek Latong, Kecamatan Sipirok.

“Khusus di daerah Batu Jomba dan Aek Latong diharap lebih berhati-hati lagi, soalnya sudah banyak terjadi kecelakaan. Kerusakan badan jalannya abadi akibat adanya pergerakan tanah.”

baca juga | TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI, SIMAK 7 LANGKAH DI SINI!

Seperti diberitakan Topmetro News sebelumnya, tips mudik aman terutama dengan menggunakan kendaraan pribadi memang penting. Ada hal-hal yang wajib diketahui ketika mudik ke kampung halaman. Lewat tips mudik aman kali ini, diharapkan mampu memberi rasa aman hingga tiba di tempat tujuan. Begitu pun dengan resiko, kemungkinan bisa dihindari.

Di sini para pemudik dapat menyimak tips mudik aman yang disajikan Topmetro News.

1. PERIKSA KONDISI KENDARAAN
Memeriksa kondisi kendaraan, hal penting yang harus dilakukan sebelum mudik. Cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan Anda menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga.

2. JANGAN ANGKUT PENUMPANG BERLEBIHAN
Ini juga tak kalah penting, yakni jangan mengangkut penumpang dengan jumlah yang berlebihan. Ya, hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan Anda. Soalnya, setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing.

3. SIAPKAN UANG TUNAI SECUKUPNYA
Saat mudik, disarankan membawa uang tunai yang cukup, dan tidak berlebihan. Terlebih selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM. Jadi sebelum mudik, hitung kebutuhan Anda sepanjang perjalanan.

Reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment