You are here
Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi, Simak 7 Langkah di Sini! Travel & Wisata 

Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi, Simak 7 Langkah di Sini!

Topmetro News – Tips mudik aman terutama dengan menggunakan kendaraan pribadi memang penting. Ada hal-hal yang wajib diketahui ketika mudik ke kampung halaman. Lewat tips mudik aman kali ini, diharapkan mampu memberi rasa aman hingga tiba di tempat tujuan. Begitu pun dengan resiko, kemungkinan bisa dihindari.

Di sini para pemudik dapat menyimak tips mudik aman yang disajikan Topmetro News.

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Memeriksa kondisi kendaraan, hal penting yang harus dilakukan sebelum mudik. Cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan Anda menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga.

2. Jangan Angkut Penumpang Berlebihan

Ini juga tak kalah penting, yakni jangan mengangkut penumpang dengan jumlah yang berlebihan. Ya, hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan Anda. Soalnya, setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing.

3. Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Saat mudik, disarankan membawa uang tunai yang cukup, dan tidak berlebihan. Terlebih selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM. Jadi sebelum mudik, hitung kebutuhan Anda sepanjang perjalanan.

4. Bawa Makanan Minuman yang Cukup

Sudah tradisi, seperti biasa pada libur panjang, kemacetan sering terjadi. tak bisa diprediksi. Termasuk di jalan tol. Jadi bawa makanan secukupnya.
Ketika berkendara dalam kondisi macet sang sopir biasanya stress yang dapat menimbulkan rasa lapar atau haus.

Baca Juga: TIPS AGAR MOBIL TETAP AMAN SAAT KEMBALI DARI MUDIK

5. Aktifkan GPS

GPS atau google map di smart phone Anda memang sangat dibutuhkan. Apalagi bagi kita yang tidak hafal medan jalanan. Selain butuh GPS, power bank pun sepertinya Anda butuh, jadi jangan lupa.

6. Lalu Lintas Harus Dipatuhi

Ini yang terpenting! Saat mudik dengan kendaraan mudik pribadi, Anda diminta mematuhi peraturan lalu lintas. Ini penting untuk menepis risiko negatif yang bakal menimpa Anda dan keluarga Anda. Jika mengendarai sepedamotor, gunakanlah helm berstandar SNI dan nyalakan selalu lampu motor. Jika menggunakan mobil pribadi, selalulah gunakan safety belt. Kurangi kecepatan dan senantiasa waspada di jalanan.

7. Jika Lelah Istirahatlah, Jangan Paksakan

Banyak pengemudi yang sering memaksakan perjalanan, padahal sopir dalam kondisi lelah. Ini sangat berbahaya. Dalam tips mudik aman ini disarankan untuk tidak memaksakan perjalanan manakala Anda sedang kelelahan. Silakan beristirahat sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lebih bugar lagi.

Demikian tips mudik aman sajian Topmetro.News semoga ini bermanfaat. Semoga sampai di tujuan dengan selamat!

sumber: cermati

278 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment