You are here
Hinsa Siburian, Jenderal Batak Dilantik Presiden Jadi Kepala Badan Sandi dan Siber Negara Tokoh 

Hinsa Siburian, Jenderal Batak Dilantik Presiden Jadi Kepala Badan Sandi dan Siber Negara

Topmetro.News – Jenderal Batak dilantik Presiden Jokowi. Ya, satu lagi jenderal Batak dilantik itu bernama Letjen Purn Hinsa Siburian. Posisinya pun cukup strategis yakni sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Prosesi pelantikannya digelar di Istana Negara Jakarta, Selasa (21/5/2019) lalu.

Jenderal Batak Dilantik Setingkat Menteri

Sekadar diketahui, Hinsa Siburian sang jenderal Batak dilantik ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 56/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Cecep Sutiawan. Ia dilantik menggantikan pejabat lama Djoko Setiadi.

Dalam Keppres itu juga disebutkan, Hinsa Siburian sebagai Kepala BSSN diberikan hak keuangan administrasi dan fasilitas lainnya setingkat menteri.

Terakhir Menjabat Wakasad

Hinsa Siburian lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 28 Oktober 1959. Jabatan militer tertinggi yang pernah diemban oleh lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) angkatan tahun 1986 ini adalah Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Sebagaimana disiarkan tobatabo, hadir dalam proses pelantikannya mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, anggota Wantimpres Agum Gumelar, Sidarto Danusubroto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

jenderal batak dilantik2

Terlihat di sana, Jenderal Mulyono (tengah) bersalaman komando dengan Mayjen Tatang Sulaiman (kanan) dan Letjen Hinsa Siburian seusai pelantikan di Gedung AH Nasution, Mabes AD, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Dilantiknya Hinsa Siburian oleh Presiden Jokowi, menanbah daftar jenderal yang duduk di kabinet Jokowi.

baca juga | DI RESEPSI BOBBY-KAHIYANG, TENGKU ERRY BAWA CALON MENANTU

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, usai ikut dan memeriahkan Kirab Budaya pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu Siregar, Gubernur Sumatera Utara (red, kini mantan) Tengku Erry Nuradi bersama keluarga menghadiri pesta resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo tersebut di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Taman Setia Budi Indah (Tasbi) Medan, Minggu (26/11/2017) silam.

Tengku Erry yang hadir mengenakan kemeja bermotif songket Melayu yang didominasi warna hijau tersebut, hadir di resepsi pesta pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu Siregar bersama istri Evi Diana Sitorus.

Ikut juga putra sulung Tengku Erry yakni Tengku Muhammad Ryan Novandi yang didampingi tunangannya Ariska Putri Pertiwi yang tak lain pemegang gelar Miss Grand International 2016.

Usai bersalaman serta berfoto dengan orangtua dan kedua pengantin, Tengku Erry kepada wartawan mengucapkan selamat kepada kedua mempelai.

“Bobby dan Kahiyang semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah,” ucapnya.

Erry juga mengatakan pernikahan putri Presiden Jokowi ini sungguh luar bisa dan penuh makna.

Reporter | Jeremitaran

BIODATA

– Nama Panggilan : Hinsa
– Nama Lengkap : Letjen (Purn) Hinsa Siburian
– Tempat/Tgl Lahir: Tarutung (Taput)/28 Oktober 1959
– Jabatan Tertinggi di Militer : Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad)
– Jabatan Terakhir : Kepala Badan Sandi dan Siber Negara

170 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment