Pemkab Samosir Gelar Bimtek Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian SPIP

pemerintah kabupaten samosir

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Samosir terus dan akan melakukan pembenahan ‘Sistem Tata Kelola Pemerintahan’ menuju pemerintahan yang semakin maju dan berkualitas. Sekaitan dengan hal tersebut di atas, Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang: Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Acara bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (22/5/2019). Bimtek dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga. Turut hadir Sekdakab Samosir, pimpinan OPD, para Sekretaris OPD, para Kasubbag PEP, serta auditor dan asessor SPIP Inspektorat Kabupaten Samosir.

Wakil Bupati Samosir menyampaikan bahwa SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Wabup mengajak seluruh OPD beserta jajarannnya agar memahami dan menguasai pelaksanaan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

BACA JUGA | Para Wirausaha Baru di Samosir, Ikuti Pelatihan

Tujuan Bimtek

Sementara itu, Kepala Kantor Inspektorat Samosir Waston Simbolon dalam laporannya menyampaikan bahwa dilaksanakannya bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan SPIP sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka penilaian Maturitas SPIP. Mendorong percepatan target maturitas penyelenggaraan SPIP menjadi level 3 (terdefenisi) dalam RPJMD sesuai target RPJMN 2015-2019.

Serta untuk memenuhi persyaratan peningkatan level SPIP menjadi level 3 ‘berkembang’ dengan pemenuhan salah satu infrastruktur. Yaitu penyusunan rencana tindak pengendalian untuk semua kegiatan utama di setiap OPD yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian kinerja di OPD.

Narasumber dari BPKP Perwakilan Provsu adalah Wakhid Sulistio Adi dan Elisa Riadi.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment