Kejati Sumut Peringati Hari Lahirnya Pancasila

hari kelahiran pancasila

topmetro.news – Kejati Sumut memperingati Hari Kelahiran Pancasila dalam upacara digelar di halaman Kantor Kejatisu Jalan AH Nasution Medan, Sabtu (1/6/2019). Bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) Aspidum Edyward Kaban SH mewakili Kejati Sumut. Lalu Connie Sagala SH sebagai komandan upacara dan Sumanggar Siagian SH sebagai perwira upacara.

Upacara diawali pembacaan Teks Pancasila. Lalu sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan Edyward Kaban.

Sambutan Tertulis

Dalam sambutan tertulis itu ditegaskan, Pancasila sebagai dasar, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.

Berkat Pancasila yang penuh dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, semangat gotong royong serta keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan: Bhinneka Tunggal Ika.

Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

“Dengan peringatan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati. Juga saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan.

Kita Pancasila

Karena kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan yang yang maju, adil dan makmur.

Upacara juga dihadiri Asintel Leo Simanjuntak SH, Aswas Firdaus SH, Asdatun Hermanto SH, Kajari Belawan Yusnani SH, koordinator dan seluruh jajaran pegawai Kejati Sumut.

Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila diakhiri dengan pembacaan doa.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment