Di Medan, Harga Cabai Merah ‘Mencekik Leher’ Tembus Rp100.000 per Kg

harga cabai merah

Topmetro.News – Harga cabai merah di pasar tradisional di Kota Medan, pada H-2 Lebaran 2019 merangkak naik. Kenaikan harga cabai merah yang cukup tinggi itu bahkan tembus Rp 95.000 hingga  Rp 100.000 per Kg. Kuat dugaan, melambungnya harga komoditi ini lantaran permintaan pasar cukup tinggi.

Harga Cabai Merah Sebelumnya Rp 44 Ribu

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Medan, Senin (3/6/2019), harga cabai kian ‘mencekik leher’ padahal sebelumnya cabai merah dijual seharga Rp44 ribu hingga Rp48 ribu per Kg kini naik menjadi Rp95 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram.

“Tergantung (kualitas) cabainya, kalau bagus mau sampai Rp100 ribu, kalau sudah mulai keriting kita jual lebih rendah Rp95 ribu,” kata Jesika, salah seorang pedagang di pasar tradisional Pringgan Medan.

Pasokan Cabai Menurun

Menurut dia, para pedagang terpaksa harus menaikkan harga jual cabai karena harga beli dari pemasok cabai mulai naik, sedangkan jumlah pasokannya pun juga menurun.

“Sedikit kali barangnya, mau enggak mau ya terpaksa naiklah harganya,” ujarnya seperti disiarkan antaranews.

Dia menambahkan kenaikan pada komoditas bahan pokok itu terbilang biasa, kerap terjadi setiap tahun, terlebih menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri tahun ini.

“Tiap tahun kayak gini, sudah enggak heran lagi kita.”

harga cabai merah anjlok1
foto | dokumentasi topmetro.news

baca juga | ATASI ANJLOKNYA HARGA CABAI, BUPATI TAPUT TURUN KE PASAR LELANG SIBORONG-BORONG

Seperti diberitakan Topmetro News sebelumnya, cabai merah yang sempat anjlok di pasaran mendapat respons dari Bupati Tapanuli Utara (Taput). Mengatasi harga yang sedang ‘terjun bebas’ itu, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Osmar Silalahi turun langsung meninjau Pasar Lelang Cabai di Pasar Siborong-borong, Senin (28/1/2019).

“Pemerintah tetap hadir ditengah-tengah petani apapun yang terjadi terutama saat harga turun karena tugas Pemerintah adalah mengantisipasi jangan sampai rakyat (petani) menangis. Kita tetap menyediakan Dana Talangan sehingga apabila harga pasar cabai merah dibawah harga yang telah ditetapkan sesuai Perhitungan Analisa per Kecamatan, saya perintahkankan agar semua hasil cabai ditampung Perusda Pertanian,” katanya.

Reporter | Jeremitaran

Related posts

Leave a Comment