You are here
KMP Ihan Batak Layani 15.960 Penumpang Travel & Wisata 

KMP Ihan Batak Layani 15.960 Penumpang

Advertisement

Topmetro.News – KMP Ihan Batak (Kapal Motor Penyeberangan) terhitung pada H-7 hingga H Lebaran sudah melayani 15.960 penumpang untuk mengangkut dan melayani para pemudik di Danau Toba dengan rute penyeberangan Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba Samosir menuju pelabuhan Ambarita di Kabupaten Samosir.

KMP Ihan Batak Tambah Jadwal Pelayaran

Menurut Marundut Tobing, Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Toba Kementerian Perhubungan, Minggu (9/6/2019) dengan adanya lonjakan penumpang itu pada arus mudik pihaknya menambah jadwal pelayaran hingga 12 kali pelayaran dari yang biasanya hanya empat kali dalam sehari.

“Sejak H-7 yakni tanggal 29 Mei hingga H Lebaran tanggal 5 Juni kita sudah melayani jumlah penumpang mencapai 15.960 sedangkan untuk mengangkut roda empat 2.384 unit dan roda dua sebanyak 404 unit dengan penambahan jadwal 6 sampai 12 trip (pelayaran),” katanya seperti disiarkan antara.

Sesuai diinstruksikan lewat telegram Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 167/PHBL2011 tanggal 21 Oktober 2011 kepada seluruh pemilik perusahaan pelayaran, keagenan dan nakhoda sebelum berlayar.

Menurutnya, Dirjen Hubla juga menerbitkan Instruksi Nomor UM.008/I/II/DJPL-17 tanggal 3 Januari 2017 tentang Kewajiban Nakhoda dalam Penanganan Penumpang Selama Pelayaran agar memerintahkan para pemilik Perusahaan Pelayaran, Keagenan dan Nakhoda untuk memastikan penumpang telah menggunakan jaket penolong.

Marudut Tobing menambahkan, KMP Ihan Batak juga sudah memiliki kelengkapan surat atau buku pelaut nakhoda dan awak kapal, serta adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung.

Daftar Manifestasi Penumpang

Dia meminta, seluruh pemilik kapal harus melengkapi surat-surat kapalnya sesuai aturan yang berlaku dan menyediakan kelengkapan kapal seperti daftar manifest penumpang, standar penyelamatan yaitu baju pelampung, alat kesehatan dan pemadam kebakaran.

“Instruksi ini agar operator kapal wisata dan kapal angkutan di daerah setempat untuk mematuhi aturan pelayaran yang telah ditetapkan supaya tidak terjadinya kecelakaan kapal seperti yang terjadi di Tiga Ras pada Idul Fitri hari ke empat tahun 2018 lalu,” tambahnya.

Sekadar diketahui KMP Ihan Batak dapat mengangkut 280 penumpang dan juga dapat menampung 32 jenis kendaraan roda empat dan enam jenis bus besar sekali angkut.

Kapal ini beroperasi empat kali sehari pulang pergi (PP) untuk lintas Ajibata-Ambarita dengan waktu perjalanan selama satu jam.

baca berita terkait | IHAN BATAK LAYANI RUTE AJIBATA-AMBARITA

Seperti disiarkan Topmetro.News sebelumnya KMP Ihan Batak resmi diluncurkan di Danau Toba, Sabtu (1/9/2018). Pemerintah meluncurkan Kapal Motor Penumpang bernama KMP Ihan Batak. Kini KMP Ihan Batak ini masih ‘parkir’ di Pantai Parparean Porsea, Toba Samosir (Tobasa).

Sesuai rencana KMP Ihan Batak bakal melayani rute Ajibata (Kabupaten Tobasa) ke Ambarita (Kabupaten Samosir). “Oktober 2018, kapal ini akan siap dioperasikan,” ujar Irjen Pol Budi Setyadi, Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Sabtu (1/9/2018).

Budi Setyadi mengaku hingga tahun 2020 mendatang akan diluncurkan empat unit kapal lainnya yang melayani penyeberangan di obyek wisata Danau Toba.
Ini, kata dia, sesuai komitmen Pemerintah Pusat yang menetapkan Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional.

“Presiden Jokowi berkomitmen mengembangkan wilayah Danau Toba dengan menetapkan Danau Toba sebagai 10 kawasan Strategis Parawisata Nasional dan bahkan menetapkan sebagai 4 daerah Parawisata Superprioritas Parawisata Nasional. Ini salah satu wujud komitmen Pak Jokowi dengan pembangunan Kapal penyeberangan di Danau Toba,” jelasnya.

reporter | jeremitaran

1.441 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment