You are here
Vander Saragih ‘Gol’, 20 Kali Mencuri Sepeda Motor Kota Medan 

Vander Saragih ‘Gol’, 20 Kali Mencuri Sepeda Motor

Topmetro.News – Mencuri sepeda motor, mungkin inilah kegiatan Vander Saragih (18) hingga mengantarnya ke balik jeruji besi. Beberapa hari lalu, aksinya mencuri sepeda motor diulang. Tapi aksi ke 20 ini gagal lantaran dirinya dibekuk polisi. Seluruh aksi pencurian ranmor (kendaraan bermotor) ini dilakukannya di sejumlah lokasi di wilayah hukum Polrestabes Medan.

Mencuri Sepeda Motor di Teras Rumah

“Dia tidak sendirian, dalam setiap aksinya pelaku dibantu sejumlah rekannya yang masih kita buru,” sebut AKBP Putu Yudha Prawira, Kasat Reskrim Polrestabes Medan Senin (17/6/2019).

Korban Lapor ke Polisi

Penangkapan Vander Saragih, lanjut polisi, berawal dari laporan Siti Aminah Sitepu Warga Jalan Prof HM Yamin Kecamatan Medan Perjuangan yang mengaku kehilangan sepeda motornya Kamis (13/6/2019) di teras rumahnya. Korban kemudian membuat laporan resmi ke Polrestabes Medan.

“Tim kita langsung melakukan penyelidikan dan menerima informasi ada penjualan sepeda motor dengan yang ciri-cirinya milik sepeda motor korban. Selanjutnya Jumat 14 Juni 2019 sekitar pukul 01.00 wib tim yang dipimpin langsung Kanit Pidum Polrestabes Medan melakukan undercover dengan cara bertransaksi langsung dengan pelaku,” ucap Putu seperti disiarkan matatelinga.

Tersangka Ditangkap

Saat transaksi, lanjut polisi lagi, tim langsung mengamankan tersangka Vander Saragih beserta barang bukti sepeda motor korban di kawasan Jalan Murai Mandala.

“Berdasarkan hasil interogasi, tersagka mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian sepeda motor bersama temannya L dan E yang kini masih kita buru,” sebutnya.

Dari pengakuan tersangka, ternyata Vander Saragih terlibat dalam 24 kali aksi pencurian sepeda motor di Kota Medan.

Antara lain aksi itu terjadi di kawasan Jalan Sutrisno, Jalan Wahidin, Jalan Asia, Jalan Aksara, Jalan Letda Sujono, Jalan Denai, Jalan HM Yamin serta Jalan Sutomo.

“Tersangka berperan sebagai yang mencongkel kunci stang dan yang membawa sepeda motor korban. Dia dibantu sejumlah rekannya,” ulang Putu lagi.

Untuk pengembangan kasus dan membongkar jaringan pelaku, kini tersangka masih ‘menginap’ di tahanan Polrestabes Medan untuk diperiksa intensif.

baca juga | TERBUKTI MENCURI SEPEDAMOTOR TETANGGA, DIJEBLOSKAN KE PENJARA

Seperti disiarkan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, personel Unit Reskrim polsek Percut Sei Tuan mengamankan seorang pencuri sepeda motor bernama Wesly Malau (20) warga Jalan Pukat Banting I Nomor 38 Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung.

Tersangka ditangkap setelah korban, Efendi Simanjuntak (57) yang tidak lain merupakan tetangga pelaku melaporkan peristiwa kehilangan sepeda motor dan satu unit telepon seluler dari kediamannya pada Selasa, (7/11/2017) silam.

“Pelaku dibekuk Selasa, (21/11/2017) lalu berdasarkan laporan korban yang ditindak lanjuti,” ujar Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Pardamean Hutahaean SIK didampingi Kanit Reskrim, Iptu Philp Purba, Sabtu (25/11/2017) silam.

Reporter | Jeremitaran

390 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment