Walikota Medan Dikritik, Guru Patimpus tak Disebut di HUT Kota Medan

pendiri Kota Medan

topmetro.news – Anggota DPRD Medan Drs Paulus Sinulingga ingatkan Pemko Medan agar jangan lupa dengan sejarah. Termasuk soal siapa pendiri Kota Medan.

Paulus menyampaikan rasa kesalnya kepada Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin karena tidak menyinggung nama Guru Patimpus Pelawi saat sidang paripurna HUT Hari Jadi Kota Medan ke 429, Jumat (28/6/2019) lalu, di gedung dewan.

Padahal sosok Guru Patimpus merupakan pendiri dan perintis Kota Medan pada masa silam. “Wajar saja jika nama Guru Patimpus ikut dikenang. Ini disinggung saja tidak ada,” kesal Paulus Sinulingga kepada media, Minggu (30/6/2019) menyikapi pidato Walikota Medan.

Sosialisasikan Nama Guru Patimpus

Ditambahkan Paulus Sinulingga yang juga dikenal tokoh Karo itu, nama Guru Patimpus harus tetap dipopulerkan sebagai pahlawan Kota Medan. “Pemko Medan diingatkan agar tetap mensosialisasi nama Guru Patimpus untuk dikenang seluruh warga Medan atas jasa jasanya. Sehingga, Guru Patimpus tidak terkikis hilang ditelan zaman dan terlupakan,” saran Paulus.

Sebagaimana diketahui, Guru Patimpus Sembiring Pelawi dikenal selaku pendiri Kota Medan. Guru Patimpus lahir di Aji Jahe, pada abad ke-16 dan pada awal abad ke-17, yang berasal berasal dari Dataran Tinggi Kabupaten Karo.

Sebelum Guru Patimpus Sembiring Pelawi memeluk Agama Islam, dia adalah seorang yang mempunyai kepercayaan Pemena. Guru Patimpus Sembiring Pelawi menikah dengan seorang putri Raja Pulo Brayan. lalu mempunyai dua anak laki-laki, masing-masing bernama Kolok dan Kecik.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment