You are here
Ribuan Massa Ikut Semarakkan Ziarah Akbar Silalahi Raja 2019 Komunitas 

Ribuan Massa Ikut Semarakkan Ziarah Akbar Silalahi Raja 2019

Topmetro.News – Perhelatan Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) II tahun 2019 tinggal menghitung hari. Moment bersejarah yang digelar dua tahunan itu, masih dipusatkan di dua tempat yakni Tolping dan Pangururan Kabupaten Samosir. Sekadar diketahui, massa yang bakal dihadiri 10 ribu itu akan berkumpul pada 5-6 Juli 2019.

Ziarah Akbar Silalahi Raja Dihadiri 10 Ribuan Massa

Seluruh keturunan Raja Silahisabungan secara khusus Silalahi Raja diharapkan ikut menyemarakkan moment ini.

Hal itu dikatakan St Drs BRD Silalahi, Ketua Panitia Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) II Tahun 2019 dalam siaran persnya yang diterima Topmetro.News hari ini.

Usung Thema Abdi Bumi Danau Toba

Menurut BRD Silalahi, diprediksi 10 ribu-an massa dari Sumut maupun dari luar daerah diperkirakan bakal hadir memeriahkan acara ini.

‘Pesta Marsombuh Sihol’ ZASR II tahun ini, kata BRD Silalahi, mengusung thema ”Abdi Bumi Danau Toba” yang memiliki visi: ”Aku dan Kamu Adalah Satu”.

Gairahkan Sektor Pariwisata Samosir Kepingan Surga

BRD–begitu dia disapa akrab–menjelaskan ZASR II dimaksud memiliki sejumlah misi, diantaranya untuk memantapkan jiwa membangun keturunan marga Silalahi. Selain itu, papar BRD, menjaga marwah marga Silalahi di bumi persada, melestarikan buda leluhur Silalahi serta memajukan sektor pariwisata ‘Samosir Kepingan Surga’.

Pada Jumat 5 Juli 2019, papar BRD lagi, panitia telah menyusun sejumlah agenda diantaranya: kebaktian singkat, martonggo secara adat (spritual, tabur bunga), makan bersama, marsombuh sihol (temu kangen), tortor naposo, hiburan dan perlombaan.

”Itu agenda yang telah disusun Jumat 5 Juli 2019, dilaksanakan Dolok Paromasan, Kecamatan Pangururan-Samosir.”

Ditambahkan pula, agenda pada Sabtu 6 Juli 2019, diawali dengan sarapan pagi, kebaktian, lanjutan tortor SILALAHI RAJA & ANGGI DOLI SI RAJA TAMBUN, TULANG PAMOPAR dan sebagainya.

”Selanjutnya opperete Raja Silahi Sabungan & Silalahi Raja, makan malam, diakhiri hiburan dan acara bebas. Ini dilaksanakan di Desa Martoba Tolping. Memang acara ini bisa berubah sewaktu-waktu sebagaimana keinginan kita bersama, tapi setidaknya itulah schedule yang sudah disiapkan panitia,” jelas BRD.

Sekadar diketahui, Pesta Ziarah Akbar Silalahi Raja ini dimeriahkan artis ibukota dan lokal. Begitupun dengan GemuSiRa (Generasi Muda Silalahi Raja) berperan dan ikut ambil bagian dalam perhelatan ini.

berita terkait baca | 5-6 JULI 2019, ZIARAH AKBAR SILALAHI RAJA II DI SAMOSIR, NIH DAFTAR PANITIA!

Seperti disiarkan Topmetro.News sebelumnya, Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) II, kembali digelar Pomparan (keturunan) Silalahi Raja. Setelah sukses menggelar acara serupa 2 tahun silam, Silalahi Raja kembali membuat ajang yang sama. Moment bersejarah ini direncanakan diadakan 5 – 6 Juli 2019 di Samosir, Kabupaten Samosir tepatnya di Dolok Paromasan, Kecamatan Pangururan dan Desa Martoba Tolping Kecamatan Simanindo.

St Drs BRD Silalahi, Ketua Panitia ZASR II Tahun 2019 kepada wartawan dalam jumpa pers yang diadakan di Medan, Kamis (28/3/2019) mengatakan kegiatan bersejarah kali ini diputuskan dan dipilih tanggal yang pas yakni 5-6 Juli 2019.

”Jumat hingga Sabtu, tanggal 5-6 Juli 2019. Acara dipusatkan di dua tempat yaitu Dolok Paromasan, Kecamatan Pangururan dan Desa Martoba Tolping Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir,” kata BRD Silalahi.

Menurut BRD –begitu pria ini dipanggil akrab– seluruh pomparan (keturunan) Op Raja Silahi Sabungan terkhusus Silalahi Raja di manapun berada, diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini.

reporter | jeremitaran

611 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment