You are here
Pemenang Lomba ‘Mangandung’, Veni Sinurat Rebut Juara 1 Travel & Wisata 

Pemenang Lomba ‘Mangandung’, Veni Sinurat Rebut Juara 1

Topmetro.News – Pemenang lomba ‘mangandung’ pada Festival Budaya TB Silalahi Center yang digelar baru-baru ini, tercatat Veni Sinurat meraih juara 1. Penampilan pelajar SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir ini memukau.

Pemenang Lomba Andung yang Kian Langka

Pemilik nama lengkap Veni Natalia Sinurat ini disebut-sebut sebagai gadis cantik yang telah berkecimpung di berbagai event budaya, termasuk ‘andung-andung’ yang kini kian langka.

Di perhelatan festival sanggar seni budaya itu, sebagaimana dilansir samosirnews, Kabupaten Samosir berhasil mendominasi dengan meraih juara di beberapa kategori.

I. Lomba Paminta Gondang:
Juara 1 : Sanggar seni Sibunga Jambu
Juara 2: Sanggar Sitolu Ragi
Juara 3: Sanggar Sibunga Atturnung

II. Lomba Tor tor:
Juara 1: Sanggar Sibunga Jambi
Juara 2: Sanggar Atturnung

III. Lomba ‘Mangandung’:
Juara 1: Sanggar seni Angel Elkanean
Juara 3: Sanggar Tunas Kelapa

IV. Lomba Uning-uningan:
Juara 3: Sanggar Tunas Kelapa

V. Lomba Mandok Hata
Juara 2: Sanggar Tunas Kelapa

baca juga | SAIL NIAS 2019, TAWARKAN BUDAYA ETNIK DAN WISATA BAHARI DUNIA

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, Nias Selatan dipastikan menjadi tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019. Acara bertaraf internasional ini akan menawarkan budaya etnik dan wisata bahari dunia.

Nias Selatan dipilih karena mempunyai potensi wisata yang baik. Saat ini Pemprov Sumut sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk rangkaian acara.

Nias Menuju Gerbang Destinasi

Sail Nias Tahun 2019 mengusung tema ‘Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia’ puncaknya dilaksanakan pada September mendatang, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ditunjuk sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019.

“Akan ada banyak atraksi yang dilakukan di Nias Selatan. Antara lain Kegiatan 1000 Tenda, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Hidayati, belum lama ini.

Hidayati menambahkan, event ini juga akan menggelar Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat.

“Ada juga ditampilkan Tarian Fame Afo, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung. Dan terakhir, ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019,” terangnya.

Untuk memastikan kesiapan kegiatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah memimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan, beberapa waktu lalu.

Dalam mendukung pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM bidang kuliner pada acara itu, Musa Rajekshah mendorong sertifikasi halal pada beberapa tempat makan di Nias Selatan.

Sail Nias 2019
“Akan ada sertifikasi halal di rumah rumah makan yang ada di Nias Selatan. Lalu nanti kita juga akan pemberian kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan, yang nantinya juga bisa digunakan untuk menambah penghasilan, lalu akan diupayakan terbentuknya koperasi nelayan,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Selain itu, Ijeck juga menyampaikan akan memberikan bantuan dana sebesar Rp4 miliar untuk mempercantik dan melakukan pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam dalam rangka persiapan Sail Nias 2019.

reporter | jeremitaran

807 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment