Timnas Indonesia di Grup Berat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

timnas indonesia

topmetro.news – Tim Nasional (Timnas) Indonesia tergabung dalam grup yang relatif mudah di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dalam pengundian yang berlangsung di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/07/2019) sore WIB, Indonesia tergabung berat di Grup G bersama Malaysia, Thailand, Vietman, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia masuk dalam pot lima sehingga diundi terlebih dahulu. Undian yang dilakukan oleh legenda sepakbola Australia, Tim Cahill, menempatkan anak asuh Simon McMenemy pada Grup G dari delapan grup.

Satu per satu undian dilakukan untuk tiap pot. Menariknya, Indonesia mendapat tiga tim asal Asia Tenggara lainnya, yakni Malaysia, Thailand, dan Vietnam secara berurutan. Sementara di pot teratas, skuad Garuda nyaris mendapat Korea Selatan yang tersisa bersama UEA.

Beruntung, jari Tim Cahill akhirnya memilih UEA, bukan Korea Selatan. Hasil tersebut sedikit mengulang undian babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018. Saat itu, Indonesia bergabung di Grup F yang sebagian besar dihuni tim-tim Asia Tenggara, yakni Thailand, Iraq, dan Vietnam, serta Taiwan dari Asia Timur.

Timnas Indonesia bukan saja gagal melangkah ke babak berikutnya, tetapi diskualifikasi akibat campur tangan pemerintah terhadap PSSI yang mengakibatkan turunnya sanksi FIFA. Selain gagal ke Piala Dunia 2018, Indonesia juga tidak berpartisipasi di Piala Asia 2019.

Setiap juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke babak selanjutnya atau tahap akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Selain itu, sebanyak 12 tim tersebut dipastikan lolos ke Piala Asia 2023 di China. Sebanyak 24 tim lainnya memperebutkan tempat tersisa di Kualifikasi Piala Asia 2023. Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dimulai pada 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment