Timnas Nigeria Raih Peringkat Ketiga di Piala Afrika 2019

timnas nigeria

topmetro.news – Timnas Nigeria berhasil meraih peringkat ketiga Piala Afrika 2019, usai menaklukkan Tunisia dengan skor 1-0, dalam perebutan juara ketiga Piala Afrika 2019 berlangsung, pada Kamis (18/07/2019) WIB di Al Salam Stadium.

Laga berjalan dengan cukup berimbang karena jual beli serangan terjadi antara kedua tim tersebut. Kendati demikian, Nigeria mampu menundukkan Tunisia dengan skor tipis 1-0 berkat gol cepat Odion Jude Ighalo pada babak pertama.

Nigeria yang dibela beberapa pemain level sepakbola Eropa berusaha untuk melancarkan tekanan lebih dulu ke pertahanan Tunisia. Usaha dari Nigeria langsung berbuah manis pada menit ketiga saat Ighalo melepaskan tembakan jarak dekat yang merobek jala gawang Tunisia. Seketika skor pun berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Nigeria atas Tunisia.

Gol cepat itu cukup membuat Tunisia kaget sehingga permainan Wahbi Khazri dan kawan-kawan pun menjadi berantakan. Kondisi Tunsia itu coba dimanfaatkan Nigeria untuk menambah skor melalui serangan yang digalang Ahmed Musa dan Alex Iwobi.

Kendati demikian, Tunisia tak mau kecolongan gol untuk kedua kalinya di laga itu. Yassine Meriah berkonsolidasi dengan rekan-rekannya di lini pertanahan agar Tunisia mampu menahan gempuran Nigeria.

Tunisia pun mulai bangkit dan balik mengancam pertahanan Nigeria. Akan tetapi, peluang-peluang yang didapatkan Ferjani Sassi dan Khazri gagal membobol gawang Nigeria. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Nigeria atas Tunisa menutup babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Nigeria yang telah unggul satu gol mencoba untuk menurunkan tempo permainan. The Super Eagles –julukan Nigeria– mulai menerapkan strategi serangan balik dengan membiarkan Tunisia lebih banyak menguasai bola.

Hal itu pun coba dimanfaatkan Tunisia untuk mendapatkan gol penyama kedudukan. Akan tetapi, Tunisia tak bisa leluasa melancarkan serangan total ke pertahanan Nigeria karena ada ancaman serangan balik berbahaya.

Tunisia pun mendapatkan dua peluang emas melalui aksi Firas Chaouat (48’) dan Khazri (54’) tetapi belum berbuah hasil. Nigeria membalas pada menit 63 lewat pergerakan Samuel Chukwueze yang melepaskan tembakan kaki kiri tetapi masih belum mengubah kedudukan di papan skor.

Setelah itu, Tunisia berkali-kali mencoba untuk untuk membobol gawang Nigeria tetapi tidak ada yang berbuah hasil. Patut disayangkan, tendangan yang dilepaskan Tunisia banyak yang tidak tepat sasaran.

Hingga laga selesai tidak ada gol tambahan yang tercipta untuk kedua tim sehingga kemenangan menjadi milik Nigeria. The Super Eagles pun meraih peringkat ketiga di Piala Afrika 2019. Meski gagal menjadi kampiun tetapi capaian itu patut disyukuri Iwobi dan kawan-kawan.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment