Dalam Rangka HUT Harganas, Pemkab Samosir Gelar Pelayanan KB Gratis

Pemkab Samosir melalui Dinas P3AP2KB melaksanakan pelayanan KB media, MOW (metode operasi wanita), dan MOP (metode operasi pria), di RSUD Pangururan, Jumat (28/7/2023).

topmetro.news – Pemkab Samosir melalui Dinas P3AP2KB melaksanakan pelayanan KB media, MOW (metode operasi wanita), dan MOP (metode operasi pria), di RSUD Pangururan, Jumat (28/7/2023).

Kontrasepsi mantap (kontap) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Bisa dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami istri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela.

Kontap KB MOW dan MOP merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 Tingkat Provinsi Sumatera Utara sekaligus Tingkat Kabupaten Samosir.

Pelaksanaan dimonitoring oleh Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang bersama Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Munawar didampingi Kadis P3AP2KB Friska Situmorang. Ada juga Ketua TP PKK Samosir Harta Martua Sitanggang dan Kepala RSUD Hadrianus Sinaga Iwan H Sihaloho.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Samosir mengunjungi pasien yang sudah selesai menjalani operasi KB. Juga memberikan semangat dan motivasi. Ke depan, Martua mengharapkan jumlah peserta program KB dapat meningkat.

Mengingat jumlah penyuluh KB yang masih minim, Martua meminta BKKBN untuk menambah maupun menempatkan kembali di Samosir penyuluh yang sudah mengikuti ujian P3K.

Kabid KBK3S Hotnida P Manalu menyampaikan, pelayanan KB yang terlaksanak yaitu pelayanan medis operasi wanita (MOW) sebanyak 51 orang akseptor. Kemudian medis operasi pria (MOP) 1 orang.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pelayanan KB merupakan salah satu upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Samosir. Kegiatan berlangsung selama sehari dan peserta dapat pulang setelah menjalani istrahat dan pemantauan dari petugas medis.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment