Diamuk Sijago Merah, Batang Toru Luluh Lantak

diamuk sijago merah

Topmetro.News – Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (25/7/2019) pagi diamuk sijago merah. Kebakaran hebat melanda wilayah sekitar Pasar Batang Toru. Akibat peristiwa itu sedikitnya 30 unit ruko (rumah toko) berikut rumah penduduk habis dilumat kobaran api.

Diamuk Sijago Merah, Api dari Toko

“Sejumlah bangunan ruko permanen, semi permanen, dan papan habis rata dengan tanah akibat ganasnya api,” kata AKP DM Zein Harahap, Kapolsek Batang Toru seperti disiarkan antarasumut.

Informasi lainnya yang diperoleh dari warga, api diduga berasal dari salah satu toko grosir yang terbakar.

“Kita belum tahu penyebab terjadinya kebakaran, hanya saja menurut informasi dari warga asal api dari salah satu toko grosir yang terbakar,” kata polisi.

Antisipasi Tak Menjalar

Lima unit mobil pemadam kebakaran dibantu masyarakat berusaha menjinakkan sijago merah untuk mengantisipasi agar tidak menjalar ke lokasi yang lain.

“Alhamdulillah walau belum padam seluruhnya, namun berkat bantuan pemadam kebakaran api sudah bisa dikuasai sementara,” katanya.

Diakui pihaknya akan menyelidiki pemicu kebakaran itu.

Hingga ini belum diketahui pasti, apakah ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

baca juga | PABRIK PERAKITAN MANCIS TERBAKAR DI LANGKAT, 30 ORANG TEWAS TERPANGGANG

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, tercatat sebanyak 30 orang tewas terpanggang akibat kebakaran di pabrik perakitan mancis Jalan Tengku Amir Hamzah, Desa Samberejo, Kabupaten Langkat.

“Data terakhir dari lapangan sebanyak 30 orang tewas, dan ini sudah teridentifikasi semua,” kata Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, kepada wartawan, Jumat (21/6/2019).

Dia menambahkan, hingga saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Saat ini pihak kepolisian masih melakukan identifikasi. Berdasarkan keterangan saksi-saksi mengatakan sempat terjadi ledakan di tempat tersebut,” jelasnya

Korban kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB menjelang sholat Jumat, saat ini sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment