You are here
2020, Pemprovsu akan Bangun Sport Centre Daerah Olahraga 

2020, Pemprovsu akan Bangun Sport Centre

topmetro.news – Rencana pembangunan sport centre atau pusat olahraga, Islamic Centre dan Rumah Sakit Haji Medan bertaraf internasional, akan mulai dilakukan pada tahun depan. Setidaknya untuk tahap awal, akan dilakukan pembebasan lahan yang memanfaatkan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II tersebut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, mulai 2020 akan dibagikan rencana strategi (renstra) untuk rencana pembangunan proyek prestisius di Sumut tersebut. Renstra itu akan berlaku sampai 2023 mendatang. Dimana pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Menurutnya, dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, 75 persen konsentrasi pertandingan cabang olahraga akan berpusat di area sport centre.

“Tinggal nanti kolam renang yang akan ditambah. Kemudian dayung, cuma (belum ketemu lokasi) mau kita bikin di mana. Sebenarnya mau kita bikin di Danau Toba. Tapi airnya begitu keruh, bau dan tidak terkejar. Harapannya di 2024 sudah bisa terselesaikanlah (untuk lokasi cabor dayung, Red),” katanya menjawab wartawan di Kantor Gubsu, Rabu (14/8/2019).

Edy mengungkapkan penegasan dimulainya penanganan untuk pembangunan sport centre, Islamic Centre dan RS Haji Medan bertaraf internasional, setelah dirinya bersama Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro meninjau calon lokasi pembangunan dimaksud. Yaitu di Desa Saentis, Kabupaten Deliserdang, Selasa (13/8/2019).

“Ya, sudah pasti (ditangani pusat mulai 2020). Termasuk BPN dan yang lainnya harus bersatulah semua (mewujudkan rencana pembangunan itu),” tegasnya.

Sementara itu untuk pembangunan sarana prasarana (sapras) pendukung dalam rangka PON, seperti stadion mini dan veneu cabor lainnya, Edy menyebut akan dibicarakan lebih lanjut nantinya. “Ya, untuk sapras nanti akan kita bahas lagi,” pungkasnya.

Pusat Olahraga Internasional

Diketahui, Sumut bakal memiliki pusat olahraga bertaraf internasional. Ada pun pengadaan tanah sebagai upaya realisasi wacana tersebut, seluas 300 hektar. Kepala Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional (BPN) Sumut Bambang Priono sebelumnya mengatakan, saat ini untuk proses pengadaan tanah pusat olahraga di Sumut segera dilaporkan PTPN II ke Menteri Badan Usaha Milik Negara.

“Jadi bukan hanya untuk (kebutuhan) PON. Tapi bisa olimpiade. Kalau PON gelegarnya kan cuma nasional. Tapi ini kita mau persiapkan untuk Olimpiade 2030 yang lahannya seluas 300 hektar,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Pada tahun ini juga, kata dia, pihaknya akan mengejar proses pembebasan lahan bekas Hak Guna Usaha PTPN II. Agar ke depan dapat dimanfaatkan sebagai pusat olahraga. “Lahannya di Desa Saentis, Deliserdang arah mau ke Bandara Kualanamu. Jadi sekarang ini lagi persiapan lahan dan pelepasan asetnya ke Menteri BUMN selaku holding PTPN. Untuk tanahnya tahun ini bisa kita kejar, sembari menunggu apa yang terjadi paskapemilu,” katanya.

Yang terpenting, sambung mantan Kakan BPN Surabaya ini, Sumut harus punya mimpi besar dengan cara semua elemen masyarakatnya mesti mendukung rencana dimaksud. “Tanah seluas 300 hektar merupakan pengadaan yang besar. Dan kalau pembangunan tersebut terjadi, akan menjadi pusat olahraga termegah dan termegah di Asia. Medan dan Sumut akan bisa ambil bagian seperti Jakarta dan Palembang dalam Olimpiade 2030 mendatang,” katanya.

Sementara untuk asetnya ke depan, menurut dia, Pemprovsu yang akan mengelola. Pihaknya berharap Rakyat Sumut ikut mendukung realisasi rencana tersebut agar provinsi ini maju layaknya provinsi lain di Indonesia. “Ini harus kita dukung semua. Rakyat harus nurut dengan pemerintah. Dan yang jelas kita punya mimpi besar mewujudkan rencana ini,” katanya.

Atas Nawacita ini, Bambang mengaku sudah ditanyakan langsung oleh Menteri ATR/BPN Sofyan Jalil, pada beberapa waktu yang lalu. “Pak Menteri bilang, Pak Bambang itu sport centre di Sumut jadi ya, dan saya bilang siap,” ucapnya menirukan jawaban Sofyan Jalil.

reporter | Erris JN

273 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment