You are here
Gubsu Edy Rahmayadi Apresiasi Dinas Pendidikan Sumatera Utara dan Siswa Berprestasi Komunitas 

Gubsu Edy Rahmayadi Apresiasi Dinas Pendidikan Sumatera Utara dan Siswa Berprestasi

topmetro.news – Pemprov Sumut memberi atensi serius terhadap dunia pendidikan dan para pelajar berprestasi. Diharapkan melalui talenta dan kemampuan yang mereka miliki itu, akan membawa Sumut menjadi provinsi yang lebih baik di masa mendatang.

Demikian dikatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada wartawan usai acara Apresiasi Bagi Siswa Juara Jenjang Pendidikan SMA, SMK, dan SLB Negeri di Lingkungan Pemprovsu 2019. Acara digelar di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Rabu (14/8/2019).

“Kita patut bersyukur Tuhan memberikan talenta kepada anak-anak Sumut yang memiliki prestasi di seluruh jenjang pendidikan. Makanya pendidikan mereka tak boleh terputus karena sesuatu hal. Ini tujuan kita (gelar acara apresiasi siswa berprestasi). Sambil kita mendeteksi ke depan mau jadi apa anak-anak kita ini,” katanya.

Gubsu mengamini, melalui kegiatan yang digagas Dinas Pendidikan Sumut ini, dapat menstimulus pelajar lain untuk memiliki prestasi. Sembari itu pula, Pemprovsu juga sedang menyiapkan beasiswa bagi anak-anak Sumut yang punya prestasi membanggakan daerah ini.

“Itu berikutnya (pemberian beasiswa pelajar berprestasi). Kita akan cari tahu siapa, anak siapa, mampukah dia. Inilah tanggung jawab pemerintah terutama pemprov,” ujarnya.

Sebelumnya Gubsu Edy memberikan motivasi kepada ribuan pelajar dalam acara tersebut. Seperti biasa, mantan Pangkostrad dan Pangdam I/BB itu memutarkan video-video sarat motivasi di hadapan para pelajar. Dengan harapan dapat membangkitkan mental dan cita-cita yang mereka inginkan. Dalam kesempatan itu Gubsu pun banyak bercerita soal sistem kenegaraan, wawasan nusantara, dan sistem pemerintahan.

“Saya pingin ketemu kalian anak-anakku semua. Saya ingin ada pertemuan lagi setelah ini. Nanti yang ngomong Pangdam, Kapolda, Kejati. Mereka unsur Forkopimda yang juga menentukan Sumut ini maju. Pesan saya, kalian jangan pernah berhenti belajar,” katanya dengan mengulang ucapan tersebut sebanyak tiga kali.

Prestasi Internasional

Kadisdik Sumut Arsyad Lubis menyampaikan, para pelajar yang diberi apresiasi terdiri dari siswa-siswi yang meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya siswa tunanetra dari SLB Negeri Binjai meraih juara I MTQ tingkat nasional di Manado. Lalu siswa SMA Shaffiyyatul Amaliyyah Medan meraih medali emas pada World Young Inventors Exhibition di Kuala Lumpur

Kemudian siswa SMA Plus Matauli Tapanuli Tengah meraih medali emas pada International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition Bangkok. Ada lagi siswa Dell Tobasa meraih medali perak pada International Biology Olimpiad di Iran. Siswa SMA Sutomo 1 meraih medali perunggu pada Kompetisi Robotik Internasional di Taiwan.

Selanjutnya, SMA Sutomo 2 meraih medali perak pada Kompetisi Robotik Internasional di Taiwan. Siswa Sutomo 1 Medan dan Methodist 3 Medan meraih medali emas pada Kompetisi Geografi Internasional di Cina. Siswa SMA Sutomo meraih medali emas dan perak pada OSN 2019. Siswa SMAN 1 Matauli meraih medali perak pada OSN 2019. Siswa MAS Darul Mursyid dan SMAS Unggul CT Foundation meraih medali perunggu pada OSN 2019.

Pada acara itu turut dilakukan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara Disdik Sumut dengan para dekan fakultas pertanian, yakni dari USU, UMSU, UISU dan UMA. Gubsu juga tampak berbaur bersama para pelajar dan anak-anak tunagrahita di atas panggung, sambil menyanyikan sejumlah lagu. Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, serta sejumlah kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdik Sumut.

reporter | Erris JN

512 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment