Dengar Pidato Kenegaraan HUT RI -74, Anggota DPRDSU H Karim tak Hormati Paripurna

tata tertib dewan

topmetro.news – Anggota DPRD Sumut H Karim dinilai melanggar tata tertib dewan saat mendengarkan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, yang dibacakan Presiden Joko Widodo.

Aksi anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumut saat mendengar pidato kenegaraan melalui siaran televisi di Gedung DPRD Sumut, Rabu (16/08/2019) itu, menuai sorotan dan kritik tajam.

Pasalnya, H Karim dinilai tidak menghormati acara kebangsaan dimaksud. Dia menghadiri sidang paripurma mendengarkan pidato kenegaraan itu dengan menggunakan pakaian santai. Dia hanya memakai kemeja motif bunga-bunga.

Padahal, Gubsu, Wagubsu dan juga wakil rakyat serta undangan lain yang hadir di paripurna, semuanya memakai setelan jas.

Peristiwa ini pun sianggap memalukan. Sebagai wakil rakyat, H Karim diminta agar jangan mempertontonkan hal demikian. Jangan sampai muncul kesan, bahwa wakil rakyat ini tidak mencintai negara dan sidang paripurna dewan terhormat.

Langgar Tata Tertib

Anggota DPRD Sumut H Karim yang dinilai melangar tata tertib dewan karena menggunakan pakaian santai saat acara kenegaraan | topmetro.news

Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Sumut Tony Togatorop yang dimintai komentarnya saat sidang paripurna berlangsung mengatakan merasa sangat kecewa dengan sikap wakil rakyat seperti itu.

Lata dia, seharusnya H Karim menghormati sidang paripurna. Apalagi saat mendengar pidato kenegaraan. “Pidato kenegaraan yang setiap tahunnya kita ikuti di Paripurna DPRD Sumut ini ada aturan dan tata tertib sebagai wakil rakyat. Yang mana anggota DPRD Sumut wajib dan harus memakai setelan jas sebagaimana yang diaturkan dalam tatib dewan,” tegasnya.

Seyogianya, lanjut Tony, sebagai wakil rakyat janganlah mempertontonkan etika yang tidak baik. “Saya yakin pemilihan kostum Pak Karim salah. Dan dia kan sudah tahu ini paripurna kenegaraan. Jadi meski di akhir jabatan, kita jangan mempertontonkan etika yang tidak baik,” tukas Tony.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment