Kapolres Simalungun Diganti, Kapolres Siantar Budi Pardamean Saragih

Kapolres Simalungun diganti

Topmetro.News – Kapolres Simalungun diganti. Namun rotasi pergantian seperti itu pun dialami beberapa Kapolres di Sumut, seperti Kapolres Labuhan Batu, Samosir, Siantar dan lainnya. Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha, dipercaya jadi Kapolres Tanjung Balai.

Kapolres Simalungun Diganti, Rotasi untuk Pamen dan Pati

Sebagaimana disiarkan matatelinga, pemindahan tugas ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2317/IX/KEP 2019 dan ST/2316/IX/KEP 2019 pada tanggal 2 September 2019, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan rotasi terhadap ratusan pejabat menengah (Pamen) dan Pejabat Tinggi (Pati) setingkat AKBP, Kombes, Brigjen, dan Irjen di sejumlah Provinsi di Indonesia.

Dari ratusan pejabat yang dipindahkan tugaskan tersebut, terdapat lima nama pejabat Kapolres di Sumut. Kelimanya yakni, Kapolres Samosir, Kapolres Simalungun, Kapolres Pematang Siantar, Kapolres Labuhan Batu dan Kapolres Tanjung Balai.

Selain itu, juga terdapat nama Kasatreskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yudha (foto) yang juga dipindah tugaskan.

Dalam jabatannya yang baru, Putu akan menjabat sebagai Kapolres Tanjung Balai.

Dansat Brimob Ikut Dimutasi

Begitu juga terdapat nama Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Djadjuli yang dipindah tugaskan menjadi Dansatlat Brimob Karbrimob Polri.

Penggantinya Kombes Pol Abu Bakar yang sebelumnya menjabat sebagai Danmen Paspelopor II Korbrimob Polri.

Sementara itu AKBP Irfan Rifai yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tanjung Balai, kini mendapatkan kepercayaan sebagai Kasubbagrendaldik Bagbindik Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Sedangkan untuk jabatan Kapolres Samosir yang sebelumnya dijabat AKBP Agus Darojat, digantikan AKBP M Saleh yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditgasum Ditsamapta Polda Sumut. AKBP Agus Darojat sendiri selanjut menjabat sebagai Kapolres Labuhan Batu.

Untuk AKBP Frido Situmorang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Labuhan Batu, selanjutnya menjabat sebagai Wadirpamobvit Polda Jambi.

Berikutnya Kapolres Simalungun yang sebelumnya dijabat AKBP Marudut Liberti Panjaitan digantikan AKBP Heribertus Ompusunggu yang sebelumnya sebagai Kapolres Pematangsiantar.

AKBP Budi Pardamean Saragih di Siantar

AKBP Marudut sendiri selanjutnya akan menjabat sebagai Wadirpolairud Polda Kepri. Sedangkan pengganti Kapolres Pematangsiantar adalah AKBP Budi Pardamean Saragih yang sebelumnya menjabat Kapolres Jembrana Polda Bali.

Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja, Kabid Humas Polda Sumut yang dikonfirmasi seputar hal ini membenarkan adanya Surat Telegram dimaksud.

“Hal ini merupakan penyegaran ditubuh Polri.”

baca juga | SIMAK, MUTASI DAN PROMOSI JABATAN 56 PERWIRA TINGGI TNI

Sebagaiman diwartakan Topmetro.News sebelumnya, mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan di tingkat Perwira Tinggi TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/872/VIII/2019 tanggal 14 Agustus 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, sebagaimana siaran pers yang diterima Topmetro.News telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 56 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 17 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 19 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 20 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Dalam mutasi dan promosi jabatan itu tercatat sebagai berikut.

17 Pati TNI AD, yaitu Letjen TNI Agus Surya Bakti, M.I.Kom. dari Sesmenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Nono Suharsono, S.I.P., M.Si. dari Koorsahli Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M. dari TA. Pengkaji Bid. Geografi Lemhannas menjadi Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Cucu Sumantri, S.Sos. dari Staf Khusus Kasad menjadi TA. Pengkaji Bid. Geografi Lemhannas, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Dosen Unhan, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.I.P. dari Pangdam XVII/Cen menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dari Pangdam XVIII/Ksr menjadi Pangdam XVII/Cen, Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.I.P., M.M., M.Tr.(Han) dari Wadan Sesko TNI menjadi Pangdam XVIII/Ksr.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment