22 Negara Dipastikan Akan Hadiri Sail Nias 2019

Sail Nias 2019

topmetro.news – Sail Nias 2019 akan di gelar bulan depan di Kepulauan Nias. Event bertaraf internasional ini dipastikan akan dihadiri 22 negara di dunia untuk menyaksikan potensi pariwisata eksotik yang mendorong Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meraih devisa yang sangat besar.

Sejumlah perwakilan negara yang akan hadir di antaranya, Dubes Afghanistan HE Faizullan Zaki, Dubes Rusia HE Mrs. Lyudmila Vorobieva, Dubes Kamboja HE Hor Nambora dan DCM Mr Sok Phondany, Dubes Slowakia HE Jaroslav Chlebo dan Madam Jana Chlebova, Dubes Lebanon HE Mrs Mona El Tannir dan Mr Muhieddine, Dubes Sri Lanka HE Ms Yasoja Gunasakera.

sail nias 2019
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Hadir juga Dubes Peru HE Julio Cardenas dan Madam Susan Cardenas, Dubes Italia HE Vittorio Sandalli dan Madam Elvira Sandalli, Dubes Qatar HE Mr Ahmed bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar, CDA Costa Rica Mr Esteban Salazar, Head of trade and investment Hungary Ms Lilla Karsay, CDA Poland Mr Jakub Janas dan Madam Izabela Janas, dan CDA PNG Mr Frans Mizigi.

Nias Selatan dipastikan menjadi tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019. Acara bertaraf internasional ini akan menawarkan budaya etnik dan wisata bahari dunia.

sail nias 2019
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengunjungi Museum Pusaka Nias di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Gunungsitoli – Nias.

Sail Nias Tahun 2019 mengusung tema ‘Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia’ puncaknya dilaksanakan pada September mendatang, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ditunjuk sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019.

Ada sekitar 18 rangkaian kegiatan yang akan berlangsung dan puncak acaranya pada tanggal 14 September 2019, di Kepulauan Nias, ini mendorong Sumatera Utara menjadi wisata internasional.

Kepulauan Nias memiliki potensi wisata untuk para penggemar selancar. Karena Nias ini tempat surfing (selancar) kompetisi internasional.

sail nias 2019
Foto: Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, selaku Ketua Panitia Nasional didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau sejumlah lokasi pelaksanaan Sail Nias 2019,

Event Bertaraf Internasional

“Akan ada banyak atraksi yang dilakukan di Nias Selatan. Antara lain Kegiatan 1.000 Tenda, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari, Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat. Ada juga ditampilkan Tarian Fame Afo, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung. Dan terakhir, ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019,” terang Yasonna Laoly.

Yasonna juga menyinggung tentang target kunjungan wisatawan yang mencapai 10.000 orang. Ada pun beberapa rangkaian kegiatan yang akan digelar pada even bertaraf internasional itu, di antaranya selancar, festival layang-layang, bola voli pantai, lari maraton 10 km, parade kapal nelayan, tali kolosal serta yang lainnya.

sail nias 2019
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Bupati Nias Selatan Hilarius Duha melihat langsung proses pengerjaan persiapan Sail Nias 2019 di tiga lokasi penyelenggaraan event, yaitu di Dermaga Pelabuhan Teluk Dalam, Halipad dan Pantai Sorake di Kabupaten Nias Selatan, Selasa (3/9/2019). (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

“Ada juga diplomatik tour untuk wisatawan dan tamu dari negara lain. Jadi kita akan siapkan itu semua. Termasuk Pak Gubernur dan Pangdam. Semoga ini mendorong pariwisata yang manghasilkan devisa untuk Nias dan daerah lain,” katanya

Untuk memastikan kesiapan kegiatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub), Musa Rajekshah memimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan, beberapa waktu lalu.

Dalam mendukung pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM bidang kuliner pada acara itu, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah mendorong sertifikasi halal pada beberapa tempat makan di Nias Selatan.

“Akan ada sertifikasi halal di rumah-rumah makan yang ada di Nias Selatan. Lalu nanti kita juga akan ada pemberian kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan, yang nantinya juga bisa digunakan untuk menambah penghasilan, lalu akan diupayakan terbentuknya koperasi nelayan,” ujarnya.

Selain itu, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah juga menyampaikan akan memberikan bantuan dana sebesar Rp4 miliar untuk mempercantik dan melakukan pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam dalam rangka persiapan Sail Nias 2019.

sail nias 2019

“Saya pahami akan keterbatasan kita dalam dana, untuk itu Pemprov akan alokasikan dana sebesar Rp 4 miliar,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha menyambut baik rangkaian kegiatan Sail Nias Tahun 2019. “Kegiatan ini sudah lama digaungkan, dan akhir 2018 diputuskan untuk dilaksakan di Kepulauan Nias,” tuturnya.

Hilarius juga menjelaskan, alokasi dana yang diberikan Pemprov Sumut nantinya akan digunakan untuk menambah beberapa fasilitas Pelabuhan Baru Teluk Dalam untuk menunjang kegiatan Nias Sail 2019.

Kepada masyarakat, khususnya masyarakat Nias Selatan, dia berpesan, agar turut menyukseskan penyelenggaraan Sail Nias 2019 tersebut. Diharapkan, dukungan semua pihak dan mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nias Selatan untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan menjaga suasana yang aman dan kondusif.

sail nias 2019
Foto: Pagelaran Seni Budaya Gunungsitoli, Kabupaten Nias.

“Pak Wagub langsung meninjau lokasi pembukaan di Pelabuhan Baru Teluk Dalam dan terakhir di Desa Bawomataluo. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat marilah sama-sama kita sukseskan acara bertaraf internasional ini,” ucap Hilarius.

Dari hasil dari kunjungan ke Nias, Wagub meminta semua pihak terkait terus bersinergi dan bergerak cepat merampungkan sejumlah fasilitas dan berbagai persiapan. Terutama pembangunan jalan dan jembatan. “Masih ada yang belum selesai secara menyeluruh, itu juga akan kita kejar pembangunannya lewat kerja sama Pemerintah Pusat, Pemprov Sumut dengan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota yang terlibat,” ucap Musa Rajekshah didampingi istri, yang juga Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

Objek Wisata di Nias

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Nofida Telaumbanua mengatakan, Dipilihnya Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah ajang tahunan Wisata Bahari untuk tahun 2019 atau Sail Nias 2019 dinilai akan membantu mempercepat pembangunan dan kebangkitan Nias menuju gerbang destinasi Wisata Bahari Dunia.

sail nias 2019
Foto: Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Paviliun Pemerintah Kabupaten Nias Barat di Komplek Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan. (Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu)

“Sejumlah objek wisata menarik di Nias bisa menjadi alternatif destinasi. Pantai berwarna pink Gawu Soyo. Pantai di Desa Ombolata ini masuk Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara. Eksotisme pantai ini belum banyak dijejak wisatawan,” kata Ria.

Menurut Ria, surga lain yang bisa ditemui di Nias adalah Pulau Asu. Disebut surga karena kawasan ini terdiri dari delapan pulau yang masing-masing memiliki keunikan masing-masing. Lokasi ini juga bisa disebut tersembunyi karena perlu delapan jam perjalanan dengan menyewa kendaraan untuk sampai di sana.

Adapun bagi penggemar surfing, Pantai Sorake merupakan spot favorit wisatawan mancanegara. Konon ketinggian ombak di pantai ini bisa lebih dari 10 meter, kebanyak tantangannya.

Selain ketiga titik tersebut, masih ada destinasi danau, budaya seperti lompat batu dan agenda wisata lain yang melengkapi destinasi di Nias.

Potensi Pariwisata Nias

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Nias sangat potensial mengundang wisatawan mancanegara (wisman). Apalagi dirinya mengaku sudah berkeliling di daerah kepulauan tersebut, bahkan sebelum menjadi Gubernur. Karena itu jika ada yang perlu disempurnakan untuk acara Sail Nias, harus dipastikan hingga hal teknis sekecil apa pun.

sail nias 2019
Pantai Sorake Nias

“Jadi keterbatasan di Nias itu, menjadi tanggung jawab kita. Kepada dinas terkait, Anda harus segara berangkat ke sana. Pastikan semua siap, jangan pakai teori. Jadi kita atur semua, bersih dan tertata. Alamnya indah dan untuk melakukan pesta sebesar ini kita harus pastikan siap,” jelas Edy.

Gubernur juga meyakinkan fasilitas untuk pengunjung disiapkan guna memberikan kenyamanan selama di sana. Sebab, katanya, masih ada yang beranggapan negatif terhadap daerah Nias. Karena itu ia mengajak masyarakat dari luar daerah kepulauan itu, untuk datang ke sana.

“Karena (selama ini) orang hanya dengar, Nias itu susah. Saya sudah datang ke sana, tanahnya subur, semua oke. Pertaniannya menjanjikan. Soal ibadah, untuk yang beragama Islam, kita tak khawatir. Fasilitas salat, sepanjang jalan itu ada masjid dan musala. Saya yakin dengan pesta besar ini, akan menjadikan orang senang datang ke Nias,” sebut Gubernur.

Pengamanan Sail Nias 2019

Sedangkan untuk pengamanan, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menyampaikan apresiasi atas perhatian Presiden RI yang direncanakan menghadiri Sail Nias 2019 September mendatang. Namun pihaknya berharap, keamanan yang disiapkan, mendapat dukungan dari masyarakat. Sebab yang paling penting adalah, bagaimana menjadi tuan rumah yang baik bagi semua orang.

“Begitu juga media massa. Kita harapkan mendukung penuh acara ini, datang ke Nias. Karena tanpa publikasi yang luar biasa, tentu hasilnya bisa kurang maksimal. Jadi ini kehormatan bagi kita,” singkatnya.

Masih terkait persiapan, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menyampaikan bahwa untuk mendukung kelancaran kedatangan Presiden dan wisatawan, pihaknya telah menyiapkan penataan kawasan khususnya di sepanjang jalur yang akan dilalui. Mulai dari Bandara Binaka menuju lokasi acara.

“Saya sudah keluarkan surat edaran. Karena di sana ada pasar yang cukup padat. Maka kita akan tutup sementara atau mencari alternatif untuk pedagang. Sehingga tidak menghambat jalan. Karena berhasilnya Sail Nias ini nanti, kita harapkan dapat berkelanjutan ke depan,” tutupnya.

Adv

 

Related posts

One Thought to “22 Negara Dipastikan Akan Hadiri Sail Nias 2019”

  1. Elijah Tackett

    Good Evening

    We are reaching out to you to see whether you would be interested in featuring your vape/CBD brand on Vape Life Mag, a lifestyle magazine covering the latest vape and CBD product reviews, industry news and guides.

    Vape Life Mag presently receives in excess of 50,000 highly-targeted monthly visitors from the United States and the United Kingdom. We have managed to achieve this by running a highly successful vape and CBD blog where we regularly publish quality content.

    We can feature your brand by publishing your guest post on our magazine along with a do follow permanent backlink. This will help you to build your brand, site traffic and natural search engine rankings.

    This is an excellent opportunity to kick-start your digital marketing in the face of the fierce competition and the advertising restrictions facing the vape and CBD industries.

    We look forward to hearing from you.

    Kind regards

    Vape Life Mag Editorial Team

Leave a Comment