Ribuan Kader ‘IPK’ Tumpah di Pendopo Zahir

kader IPK

topmetro.news – Ribuan kader IPK (Ikatan Pemuda Karya), ‘tumpah ruah’ di Aula Pendopo Zahir, Jalan Lintas Simpang Dolok – Tanjung Tiram, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Limapuluh, Batubara, Sabtu (14/9/2019) kemarin.

Para kader IPK itu berasal dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Batubara. Selain itu juga hadir dari 23 DPD kabupaten/kota lain se-Sumatera Utara. Mereka kumpul bukan hendak tawuran atau berunjuk rasa. Melainkan menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPK Batubara, yang berlangung sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Ada sebanyak 140 pengurus DPD IPK Periode 2019-2021 yang mengikuti pelantikan dan dilantik sebagai pengurus inti.

Ketua panitia pelantikan adalah Zefrizal Amnil SE. Sedangkan jabatan Ketua DPD IPK Batubara diamanahkan kepada Zulham Efendy. Lalu sekretaris adalah Ismail SH dan bendahara Taufik Doban, yang juga tokoh organisasi pemekaran Batubara (GEMKARA).

Dukung Pemkab Batubara

Dalam sambutannya usai dilantik, Zulham Efendi mengatakan akan selalu siap bersinergi dengan Pemkab Batubara. Dan siap pula bila diminta untuk membantu pihak Polres Batubara dalam setiap kegiatan apa pun. Termasuk memberantas peredaran narkoba di Batubara.

“Hari ini adalah hari yang paling penting dan paling berarti bagi saya selaku Ketua DPD IPK Kabupaten Batubara. Sebab saya merasa bangga atas kehadiran ribuan kader IPK. Terutama atas kehadiran Abangda Ir Zahir MAP selaku Bupati Batubara dan atas kehadiran Abangda AKBP Robinson Simatupang SH MHum selaku Kapolres Batubara. Dan terlebih rasa bangga saya, ketika melihat bupati dengan kapolres bisa duduk berdampingan,” sebutnya.

“Kami akan selalu menlindungi dan menyayangi Bupati Batubara dan Kapolres Batubara. Burung cincilak burung cincilai, anak murai melato-lato. Bupati bijak, Kapolres pandai, semoga kemakmuran Batubara copat merato,” ucap Zulham lagi, mengakhiri pidato singkatnya, yang kemudian diiringi dengan yel yel, “Hidup IPK…, IPK Setia…, IPK luar biasaaa…!”

Acara diteruskan dengan memberikan penghargaan berupa tanda mata kepada mantan Ketua dan Sekretaris DPD IPK Batubara Basri Saragih dan Emen Siregar, yang kini dibaiat menjadi penasehat. Demikian juga terhadap Bupati Batubara Ir Zahir MAP dan AKBP Robinson Simatupang SH MHum, pengurus terpilih turut pula memberkan tanda sebagai warga kehormatan IPK dengan cara memakaikan jaket IPK kepada keduanya.

Libatkan Kaum Perempuan

Pada sambutan singkatnya Bupati Batubara mengaku bangga mendapat dukungan dan bersinergi dengan unsur kepemudaan. “IPK adalah sebuah organisasi pemuda yang saya tahu bahwa di dalam sebagian besar kepengurusannya adalah orang-orang yang bekerja di lapangan. Kira-kira sering dibilang orang ya preman gitulah. Tapi kalau memang benar-benar preman biasanya takut sama istri,” bilang bupati dengan nada bercanda.

Lebih lanjut bupati dalam kesempatan itu berjanji akan memberdayakan srikandi-srikandi IPK Batubara guna mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan. “Kita harus tetap libatkan perempuan dalam setiap pembangunan. Sebab perempuan juga punya hak dan peran dalam pembangunan,” bilangnya.

Kader dan pengurus IPK Batubara bersama bupati dan kapolres, foto bersama | topmetro.news

Berantas Narkoba

Sementara Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang SH MHum mengajak segenap kader IPK Batubara untuk bersama-sama memberantas peredaran narkoba. “Saya ini mantan kader IPK, masa mendiang Olo Panggabean. Kalau bisa Pak Bupati, kepada seluruh kepala desa agar bersedia menandatangani fakta integritas dalam pemberantas narkoba hingga ke desa-desa,” saran Kapolres.

Pantauan media ini, sekurangnya ada 4.000-an massa IPK yang hadir dalam acara pelantikan tersebut. Termasuk 23 ketua DPD IPK dari kabupaten/kota se-Sumatera Utara, bersama dengan para ketua PAC dan ribuan kader IPK dari Asahan, Sibolga, Pematangsiantar, Simalungun, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Deli Serdang, Kota Medan, Samosir, Tobasa, Taput, Tapteng, Labura, Labuhanbatu, Labusel, Paluta, Palas, Tapsel, Humbahas, Langkat, Binjai, dan Tanjungbalai .

Tampak pula OK Faizal Rayhan SE selaku Ketua Umum Angkatan Muda Melayu Indonesia, anggota DPRD Batubara yang juga Bendahara DPC PDIP Batubara M Syafi’i SH. Seterusnya ada Kapolsek Limapulu AKP Jhoni Andreas Siregar, Dandim 0208 Asahan diwakili Kapten (Inf) Hamlet Marpaung. Ketua GP Ansor Batubara Burhan SPdI, Ketua MPC Pemuda Pancasila diwakili OK Saifuddin. Ketua FKUB Batubara Adnan Haris SAg dan Ketua DPD KNPI Batubara Rafdinal Maliki SE.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment