Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Sunggal Terendam Banjir

hujan deras

topmetro.news – Akibat hujan deras, beberapa Desa di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, dilanda banjir, Kamis (19/9/2019) sore. Fenomena banjir ini pun yang pertama kali terjadi di Kecamatan Sunggal. Banjir selalu melanda jika intensitas hujan deras terjadi beberapa jam saja.

Pantauan di lokasi banjir, terlihat air setinggi betis kaki orang dewasa melanda Desa Pujimulyo, Desa Mulyorejo, Desa Purwodadi dan Desa Sei Semayang. Bahkan akibat debit air yang semakin tinggi, banyak kenderaan jenis sepeda motor dan mobil mogok akibat terjebak banjir.

Adi (44) seorang warga Desa Pujimulyo menyebutkan, banjir seperti ini kerap terjadi apabila hujan deras. Seperti halnya di Dusun VI Desa Pujimulyo, debit air yang semakin tinggi menggenang di jalanan, dikarenakan tersumbatnya drainase.

Hujan Deras Sebabkan Air Tergenang

Selain itu, ungkap Adi, debit air yang banyak dari drainase Dusun VII Desa Pujimulyo melimpah ke Dusun VI sehingga air menggenang semakin tinggi bahkan air masuk ke rumah-rumah warga. Bahkan menurut Ade, hingga saat ini belum ada respon dari pemerintah Kabupaten Deli Serdang terkait banjir yang sering terjadi.

Baca Juga: Tanggulangi Banjir di Kota Medan dan Sekitarnya, Pemprov Sumut Siapkan Anggaran Rp12,4 Miliar

“Walau dilakukan pembangunan drainase dari Bantuan Dana Desa, namun resapan air sudah tidak ada lagi bang, karena parit-parit dibeton tanpa diberikan lubang-lubang untuk resapan air jika hujan turun dengan lebat,” tegas Adi.

Adi meminta agar pihak Desa Pujimulyo serta pihak Kecamatan Sunggal Deli Serdang agar memperhatikan keresahan warganya.

Reporter | Dian

Related posts

Leave a Comment