Aceh Singkil Sudah Terdampak Kabut Asap Kiriman

kabut asap kiriman

topmetro.news – Kebakaran lahan yang terjadi di Provinsi Riau dan Kalimantan, ternyata berdampak pada Provinsi Aceh yang notabene wilayahnya agak berjauhan. Apalagi yang terdampak kabut asap kiriman adalah kabupaten paling ujung Aceh, yakni Kabupaten Aceh Singkil.

Pantauan, Senin (23/9/2019), kabut asap telah menggelapi pusat Pemerintahan Aceh Singkil. Mulai dari jalanan hingga perumahan. Kabut asap juga telah masuk ke dalam kantor kantor.

BACA JUGA | Kabut Asap Bertambah, ISPU di Medan Sangat Buruk

Ketebalan Kabut Asap

Ketebalan kabut asap kiriman bervariasi mulai dari ringan dan sedang. Dari penuturan salah seorang warga, Mansur, menjelaskan, kabut asap sudah menyelimuti Kota Singkil dan banyak warga yang merasa kan sesak pada pernapasan.

“Kabut asap ini sudah mempengaruhi pernapasan dan membuat sesak. Dan sudah banyak masyarakat yang mengeluh pada bagian pernapasannya,” kata Mansur.

Ia menambahkan, pemerintah melalui dinas terkait harus memiliki solusi secepat mungkin dalam menyelesaikan persoalan ini sebelum ada korban jiwa akibat kabut asap ini.

“Ini harus menjadi perhatian serius untuk pemerintah. Mengingat sudah banyak warga yang mengeluh karena sesak bagian pernapasanya. Kita takut warga terkena ISPA,” tuturnya.

Ia juga meminta agar pemerintah menyalurkan masker kepada warga. Karena sampai saat ini, belum ada dibagikan masker tersebut. “Semoga pemerintah segera mengambil sikap. Agar para orang tua dan anak anak jangan terkena ISPA,” kata Khalilulah menambahkan.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment