Ihwan Ritonga Minta PDAM Tirtanadi Fungsikan Semua Hydrant

PDAM Tirtanadi Sumut

topmetro.news – PDAM Tirtanadi Sumut diminta memperbaiki ratusan ‘hydrant’ yang rusak di Kota Medan. ‘Hydrant’ yang selama ini tidak dapat difungsikan diharapkan dapat diperbaiki guna kepentingan umum yakni memaksimalkan pelayanan pemadam bila terjadi kebakaran di Kota Medan sekitarnya.

“Kita harapkan semua ‘hydrant’ yang ada dapat difungsikan. Bila perlu ditambah untuk mempermudah jangkauan air untuk pemadam kebakaran. Persoalan itu merupakan hal yang penting,” ujar Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga SE kepada wartawan di Medan, Selasa (24/9/2019).

Hal itu menyikapi keluhan petugas Pencegah Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan. soal sulitnya mendapatkan air keperluan pemadam kebakaran.

Disampaikan Ihwan, mengingat pemukiman yang semakin padat, maka pasokan air di setiap sudut Kota Medan harus tersedia. “Kita dorong Dinas P2K Kota Medan supaya segera melakukan koordinasi dengan PDAM Tirtanadi Sumut maupun Pemprovsu. Mudah-mudahan PDAM Tirtanadi berkenan menyikapi kondisi ini demi kepentingan umum,” harap politisi Gerindra itu.

Butuh Hydrant

Sebagaimana disebutkan Kepala Dinas P2K Kota Medan Albon Sidauruk mengaku, pihaknya selalu kesulitan mendapatkan pasokan air untuk pemadam kebakaran. Sebagaimana diharapkan, ‘hydrant’ merupakan suatu alat yang diharapkan sumber pemasok air bertekanan tinggi untuk difungsikan memadamkan api.

“Data sama kita, ada 118 unit ‘hydrant’ di Kota Medan dan sekitarnya. Namun saat ini kita baru menemukan 37 unit ‘hydrant’ tersebut. Parahnya, dari 37 unit ‘hydrant’ dimaksud hanya enam unit yang berfungsi. Kerusakan nya bermacam-macam. Air mati dan alat nya rusak tidak bisa dibuka,” tutur Albon.

Saat ini kata Albon, pihaknya tetap mencari ke 118 ‘hydrant’ tersebut berikut pendataan kerusakan. Albon berharap PDAM Tirtanadi dapat memfungsikan seluruh ‘hydrant’ untuk memaksimalkan pelayanan pemadam kebakaran di kota Medan.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment