Ihwan Ritonga Harap Tatib DPRD Medan Ditetapkan Oktober

tatib DPRD Medan

topmetro.news – Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga berharap pasca-terbentuknya kelompok kerja membahas Tata Tertib (Pokja Tatib) DPRD Kota Medan Periode 2019-2024, dapat segera melakukan pembahasan Tatib DPRD Kota Medan.

Dimintakannya, tatib yang baru dapat ditetapkan sesuai waktu yang ditargetkan, yakni Oktober 2019 nanti.

“Kita berharap Oktober sudah bisa diclearkan dan ditetapkan. Agar bisa dipakai sebagai landasan untuk kerja dewan periode ini,” kata Ihwan Ritonga, Selasa (24/9/2019), di ruang kerjanya.

Disebutkannya juga, isi dari tatib terdiri dari semua hal yang mengatur mekanisme dewan. “Tatib ini yang mengatur semua peraturan di DPRD Medan. Sedangkan isi tatib tergantung dari pembahasan masing-masing utusan fraksi,” terangnya.

Studi Banding Tatib

Sementara Wakil Ketua Pokja Tatib DPRD Medan Robi Barus menyebut, tatib ditargetkan selesai 16 Oktober. Sementara pembahasannya akan mulai dilakukan pada Hari Rabu, 25 September. Dijelaskannya juga, bahwa tatib DPRD Medan pernah direvisi pada tahun 2017.

BACA | Politisi PSI, Renvelli dan Erwin Berharap Terbentuk Alat Kelengkapan DPRD Medan

“Jadi nanti kita bahas pasal per pasal untuk melihat apa saja yang perlu disesuaikan. Termasuk akan dilakukan studi banding ke daerah yang sudah mengesahkan tatib,” jelas Robi.

Ditambahkannya, Pokja Tatib terdiri 15 anggota dewan. Hal ini sesuai aturan baru, yakni setiap pokja atau pansus beranggotakan 15 orang.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment