Danbrigif 7/RR Letkol Inf Agustatius Sitepu ‘Gembleng’ 104 Karyawan Perkebunan

pelatihan mental dan fisik

topmetro.news – Danbrigif 7/RR Letkol Inf Agustatius Sitepu melakukan pengemblengan atau pelatihan mental dan fisik bagi 104 calon karyawan pimpinan PT Perkebunan Group. Kegiatan berlangsung selama enam hari terhitung sejak 23 – 28 September di Mako Brigif 7/RR Galang Kabupaten Deliserdang.

“Ke 104 peserta terdiri dari 77 pria dan 27 wanita. Sesuai Rengiat (rencana kegiatan) peserta pelatihan akan dibekali lima materi yang telah disusun oleh tim pelatih,” ujar Agustatius Sitepu kepada wartawan, Jumat (27/9/2019), seusai memberikan amanatnya pada acara pelatihan tersebut.

Materi Pelatihan

Materi pertama terdiri dari pembekalan. Yakni, wawasan kebangsaan, etika profesi, kreatifitas budaya dan kerja, pemahaman bahaya penyakit masyarakat (seperti miras, judi, narkoba dan prostitusi), manajemen sisitim pengamanan, menangkal bahaya radikalisme serta kepemimpinan.

Sedangkan materi kedua, ujar Agustatius, menyangkut fisik. Yakni pengenalan halang rintangan, lintas medan, tali temali, bela diri, kesempatan, penyebrangan basah.

Materi ketiga, menguji kedisipilan. Yakni peraturan baris berbaris, latihan upacar, latihan defile. Materi keempat, pembinaan mental, berupa pendadakan (alarm kesiapsiagaan), pengendapan/caraka malam. Lalu materi kelima, kreatifitas. Meliputi out bound/ice breaking.

Ditegaskan Agustatius, latihan ini dimulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. Selama berlangsung pelatihan, peserta digembleng dengan keras, disiplin yang tinggi, jauh dari keramaian. Serta dilarang membawa alat komunikasi.

“Kegiatan dirangkai sedemikian rupa untuk mencapai hasil yang optimal. Dan tujuan latihan untuk memproduksi karyawan yang handal, disiplin serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang tangguh di lapangan,” tandas putra Karo ini.

Sementara Ahmad Gusmar Harahap selaku Pimpinan SDM dan Umum PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengapresiasi digelarnya pelatihan mental dan fisik tersebut. Sehingga mental, fisik serta jiwa kepemimpinan calon karyawan pimpinan PT Perkebunan Group akan terbentuk.

“Peserta pelatihan tersebut akan menduduki berbagai macam jabatan di lingkungan PT Perkebunan Group. Sehingga diperlukan mental, fisik, dan jiwa kepemimpinan yang handal dalam menghadapai berbagai tantangan di medan tugas, ” katanya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment