Polres Taput Tanam Pohon di Kawasan Danau Toba, Termasuk Macadamia

Polres Taput

topmetro.news – Polres Taput (Tapanuli Utara) bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah stakeholder menggelar ‘launching’ penanaman sejuta pohon di Kawasan Otorita Objek Danau Toba di Desa Hutaginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (15/10/2019).

Ada pun jenis pohon yang ditanam yakni trambesi, jengkol, pohon suren, mahoni, kayu Afrika, dan petai. Juga termasuk tanaman yang baru dikembangkan di Danau Toba, yakni Macadamia.

Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen menyampaikan, kegiatan penanaman sejuta pohon ini merupakan program Polda Sumut. Tujuannya untuk penghijauan dan reboisasi Kawasan Otorita Objek Wisata Danau Toba Muara.

“Kegiatan ‘launching’ penanaman sejuta pohon ini merupakan program penghijauan dan reboisasi di Kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Disebutkan, program penanaman sejuta pohon diselenggarakan di tiga kecamatan Taput. Antara lain, Kecamatan Muara, Siborongborong, dan Kecamatan Sipahutar. Jumlah tanaman diperkirakan sebanyak 5.000 batang.

“Di Kecamatan Muara penanaman di 15 desa dengan kebutuhan 2.000 pohon. Di Siborongborong dilakukan di empat desa dengan kebutuhan 1.500 pohon. Dan di Kecamatan Sipahutar dilakukan di lima desa dengan kebutuhan 1.500 pohon,” urainya.

Pelestarian Danau Toba

Kapolres mengharapkan, dengan program penanaman sejuta pohon, maka Kawasan Danau Toba di Muara semakin hijau dan lestari. Kapolres juga mengharapakan agar masyarakat turut melestarikan Kawasan Danau Toba dan meminta agar tidak ada lagi terjadi penebangan atau pembalakan di wilayah Taput.

“Dengan adanya program penanaman sejuta pohon ini, diharapkan kepada masyarakat tidak lagi melakukan penebangan liar terhadap hutan di Kawasan Danau Toba,” tutupnya.

Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutan diwakili Pj Sekda Taput Parsaoran Hutagalung mengapresiasi dan mendukung program penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan Polres Taput.

“Kita mendukung dan mengapresiasi jajaran kepolisian yang telah memberikan perhatian dalam upaya pelestarian Danau Toba,” katanya.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama melestarikan Kawasan Objek Wisata Danau Toba. “Mari kita sama-sama melestarikan dan menghijaukan Kawasan Danau Toba,” imbuhnya.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment