Banjir Landa Aceh Singkil Akibat Hujan yang Mengguyur Selama 2 Hari

Hujan lebat

topmetro.news – Hujan lebat melanda Aceh Singkil dua hari terakhir mengakibatkan beberapa wilayah terjadi banjir. Salah satunya yang paling terdampak Desa Lae Balno Kecamatan Danau Paris, Kamis (17/10/2019).

Banjir ini mengakibatkan aktifitas warga lumpuh total, karena ketinggian air bah yang mencapai dada orang dewasa. Menurut keterangan seorang warga bernama Azmi, saat ini air banjir telah menenggelamkan rumah dan fasilitas umum lainnya.

“Tadi sekitar jam 17.00 WIB Desa Lae Balno sudah kebanjiran, akibat curah hujan yang tinggi selama dua hari ini,” kata Azmi kepada reporter topmetro.news.

BACA JUGA | Hujan Deras Akibatkan Banjir Bandang di Aceh Singkil

Fasilitas Umum Terendam

Rumah warga, fasilitas umum seperti sekolah dan jalan raya juga terendam. “Diperkirakan banjir ini akan terus bertambah mengingat hujan lebat yang turun terus-menerus. Ketinggiannya bervariasi mulai dari lutut sampai dada orang dewasa,” terang Azmi.

Sampai saat ini, sebagian warga masih bertahan di rumahnya dan ada juga yang sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. “Memang daerah ini tanahnya agak rendah. Sehingga bila hujan datang pasti mengakibatkan kebajiran,” tutupnya.

Kejadian serupa juga melanda Aceh Singkil, tepatnya Desa Lae Bangun Kecamatan Suro. Dimana hujan lebat yang terus-menerus mengguyur mengakibatkan banjir bandang, Sabtu sore (5/10/2019), sekitar pukul 17.00 WIB.

Curah hujan yang sangat deras mengakibatkan sungai yang membelah Desa Lae Bangun meluap dan mengakibatkan banjir bandang. Laporan BNPB Aceh Singkil saat itu mengatakan, terjadinya banjir bandang tersebut karena curah hujan yang tinggi. Hal ini sesuai laporan Camat Suro kepada personil BNPB.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment