Tumpukan PR Menanti Nadiem Makarim Sebagai Mendikbud

Nadiem Makarim

topmetro.news – Anggota Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih berharap CEO Gojek Nadiem Makarim yang diangkat sebagai Mendikbud baru, mampu menyelesaikan berbagai problem yang masih menghantui di bidang pendidikan Indonesia. “Ini bukan sekedar kursi menteri yang akan diduduki Mas Nadiem. Tapi juga meja dengan setumpuk pekerjaan rumah di depannya,” ujar Fikri beranalogi, di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Sebelumnya, pada Rabu (23/10/2019) pagi, Presiden Jokowi mengumumkan Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah CEO Gojek Indonesia Nadiem Makarim. Pria itu didapuk menjadi komandan di pos Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Salah satu yang menjadi tugas berat Nadiem dan diamanahkan langsung Presiden adalah sektor pendidikan dan peningkatan kualitas SDM. Khususnya menghadapi dunia kerja. Selain itu, Presiden menegaskan, kemampuan dasar anak-anak Indonesia harus terus dibangun. Mulai dari pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. Terutama untuk meningkatkan kemampuan literasi, matematika, dan sains. Sehingga menjadi pijakan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak di jenjang pendidikan lebih tinggi.

SMK Pengangguran

Presiden tampaknya mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2018 yang menunjukkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Indonesia sebesar 6,99 juta orang. Atau 5,34 persen dari jumlah angkatan kerja sebanyak 131,01 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, lulusan SMK menganggur tercatat 11,24 persen. Sementara lulusan SMA menganggur mengambil porsi 7,95 persen.

Melihat data tersebut, Fikri menilai pemerintah menyadari ada target yang meleset dalam program pemerintah lima tahun ke belakang. Terutama terkait revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai solusi untuk menciptakan SDM siap kerja, sekaligus menekan angka pengangguran.

Pasalnya diketahui, jumlah penganggur dari kalangan lulusan SMK masih cukup besar. “Anehnya lagi, lulusan SMK malah lebih banyak menganggur ketimbang lulusan SMA,” ungkap politisi PKS ini.

Fikri mensinyalir hal itu karena minimnya daya serap lapangan kerja yang cukup bagi lulusan SMK yang digenjot selama lima tahun terakhir. “Jumlah lulusan terus bertambah. Tapi yang menyerap tidak ada. Karena tidak ada koneksi, link and match antara kebutuhan di industri dengan jurusan yang tersedia,” paparnya.

Tantangan selanjutnya bagi Mendikbud baru adalah, bagaimana Direktorat SMK seharusnya punya data berapa jumlah kebutuhan industri sebenarnya. Baru kemudian jurusan yang sesuai dibuka.

Pemerataan Anggaran Pendidikan

Selain masalah SMK, menurut Fikri masih terdapat kesenjangan kesempatan bersekolah dan menikmati infrastruktur pendidikan yang sudah digelontorkan APBN dalam lima tahun terakhir. Data Panitia Kerja Sarpras Pendidikan Dasar & Menengah di Komisi X DPR RI pada 2018 menemukan, masih terdapat 1,3 juta ruang kelas (75% dari total 1,8 juta) di seluruh Indonesia yang rusak. “Dan karena keterbatasan anggaran yang kita miliki, butuh 10 tahun lamanya agar seluruhnya bisa diperbaiki,” imbuh Fikri.

Masalah pemerataan pun tidak kalah besar. Menurut data neraca pendidikan daerah 2016 oleh Kemendikbud, anggaran pendidikan dalam APBD hanya dianggarkan kurang dari 10 persen di 33 provinsi. “Bahkan di Papua hanya 1,4 persen,” tambah Fikri. Padahal perundangan mewajibkan alokasi anggaran pendidikan di daerah minimal 22 persen. Dan itu semua kita belum bicara bagaimana kondisi di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar),” katanya.

Belum soal jutaan anak di Indonesia yang putus sekolah. Data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) 2019 mencatat, saat ini masih terdapat 4,5 juta anak di Indonesia putus sekolah. “Terlepas dari data tersebut campuran atau tidak, angka partisipasi kasar atau murni, tetapi ini merupakan realita terkini kondisi anak usia sekolah di Indonesia,” ujar Fikri.

Bongkar pasang kebijakan di sektor pendidikan dalam lima tahun terakhir juga kerap meramaikan kontraversi di kalangan peserta didik dan masyarakat. Mulai dari isu penghapusan UN, penerapan ‘full day school’, sampai metode zonasi pendidikan yang dikritisi banyak pihak. “Setiap kali kebijakan settingnya bikin kontraversi. Tidak ada sosialisasi dulu. Jadi ke depan sebaiknya dihindari,” saran mantan guru ini.

Rencana Induk Pendidikan

Selain itu, PR besar Kemendikbud RI lainnya terkait rencana strategis kementerian, yang tertuang dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Rencana Induk, grand design pendidikan kita belum ada. Belum jelas arah pendidikan kita berorientasi pada akademik, profesi atau vokasi?” imbuh Fikri.

Terkait guru sebagai kunci pencetak SDM berkualitas, tiap tahunnya diperkirakan ada 70 ribu guru yang memasuki masa pensiun. Sedangkan pemerintah masih menerapkan kebijakan ketat terhadap pengangkatan ASN. Selain itu, pemerintah daerah terus ditekan agar tidak mengangkat tenaga honorer baru. Kebijakan ini dinilai saling bertentangan dengan kondisi lapangan. Yakni kurangnya tenaga guru di sekolah. Bahkan, mantan Mendikbud Muhajir menyarankan untuk memperpanjang masa kerja guru yang telah pensiun.

“Masalah masalah ini sudah cukup kompleks untuk diselesaikan oleh siapa pun menterinya. Diperlukan komitmen yang besar untuk menjalankan amanah konstitusi. Yakni pemerataan pendidikan, kualitas pendidikan, serta pemenuhan anggaran sebesar 20 persen dari APBN,” tutup Fikri.

reporter | Jefry Siregar

Related posts

Leave a Comment