You are here
Diguyur Hujan Deras, Sumpah Pemuda Dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Batubara Daerah 

Diguyur Hujan Deras, Sumpah Pemuda Dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Batubara

Advertisement

topmetro.news – Tidak kehilangan cara ketika keteguhan hati tetap ingin melaksanakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91. Meski diguyur hujan deras, Pemkab Batubara bersama Forkopimda dan unsur pemuda di kabupaten itu tetap melaksanakan prosesi upacara di dalam aula kantor bupati setempat, Senin (28/20/2019).

Hujan yang sejak pagi terus mengguyur Lima Puluh, tidak pula menyurutkan niat para ASN dari berbagai instansi. Juga TNI/Polri maupun karyawan swasta, organisasi pemuda dan pelajar. Mereka tetap setia menunggu sampai hujan reda. Namun karena tak kunjung reda, akhirnya panitia memindahkan upacara.

Sebagai pembina dalam upacara sederhana itu adalah Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima SE mewakili bupati. Dia juga sekaligus membacakan sambutan Menpora RI. Antara lain menyebut, bahwa peringatan itu mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda.

“Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan Pemuda Indonesia untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan Kemerdekaan Indonesia. Sekaligus menjaga keutuhan NKRI,” sebut Oky.

Komitmen Pemuda

Ditambahkan Oky, Tema Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Batubara adalah ‘Bersatu Kita Maju’. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. “Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” katanya.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” bilangnya.

Masih dalam sambutan Menpora yang dibacakan Wabup Batubara, bahwa tema ‘Bersatu Kita Maju’, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif. Serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Hadir antara lain Wakapolres Batubara Kompol H Herwanyah Putra MSi, Wadan Yon 126 KC Mayor Inf. Fransisco Sidauruk, Pabung Kodim 0208 As Mayor Inf. A Manurung. Mewakili LANAL TBA, Kakan Kemenag Drs Sofyan SAg MM, Ketua KONI M Nur’ain, Ketua IPK Zulham Efendi, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Maya Zahir dan Wulandari Oky. Lalu Ketua Dharma Wanita dan anggota serta staf ahli dan asisten dan OPD di lingkungan Pemkab Batubara. Serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lainnya.

reporter | Bima Pasaribu

146 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment