Lima Pimpinan Dewan Dikukuhkan Ketua Pengadilan Tinggi Sumut

unsur pimpinan DPRD Sumut

topmetro.news – Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara Setyawan Hartono melantik lima unsur pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara di sidang paripurna, Senin (28/10/2019). Hal ini menyusul keluarnya surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri ihwal penetapan unsur pimpinan DPRD Sumut.

Sekretaris DPRD Sumut Erwin Lubis menyebutkan, kalau surat dari Kemendagri terkait penetapan nama-nama pimpinan DPRD Sumut Periode 2019-2024. “Sudah kita terima (SK-nya) Selasa kemarin. Maka hari ini kita paripurnakan pelantikan unsur pimpinan DPRD Sumut,” katanya.

Dia menyebutkan, kelima nama unsur pimpinan dewan itu yaitu Baskami Ginting (ketua/PDI Perjuangan), Harun Mustafa (wakil ketua/Partai Gerindra), Salman Alfarisi (wakil ketua/PKS), Yasir Ridho Loebis (wakil ketua/Partai Golkar), dan Rahmansyah Sibarani (wakil ketua/Partai NasDem).

“Iya benar, kelima nama tersebut yang sudah santer di media yang menjadi unsur pimpinan,” ujarnya.

Paripurna Biasa

Diakui dia, tidak ada persiapan khusus dalam pelantikan atau pengukuhan pimpinan DPRD Sumut. “Paripurna biasa. Tidak ada yang khusus,” pungkasnya.

Calon Wakil Ketua DPRD Sumut, Salman Alfarisi mengatakan, pihaknya hingga kini memang masih menunggu SK tersebut dari Kemendagri. Pihaknya juga tidak mau mencampuri urusan dimaksud lantaran itu merupakan domain sekretariat.

“Sepenuhnya hal ini bukan wewenang kami. Bisa ditanyakan ke sekretaris dewan. Setahu saya sebelumnya sudah dikirimkan permohonannya ke Mendagri,” katanya.

BACA JUGA | Pimpinan DPRD Sumut Definitif akan Dilantik Senin Depan

Sementara Gubenur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, sebagai saksi elemen yang bisa memutuskan dalam rangka kepentingan kesejahteraan rakyat maka diperlukan pedoman tata tertib DPRDSU. “Artinya, DPRD Sumut mempunyai kepentingan untuk kepentingan Rakyat Sunatera Utara dalam membangun Sumatera Utara yang lebih bermartabat,” ujar Gubsu.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment