Bupati Sergai dan Wabup Terima Audiensi APKASI Sosiaisasikan Program Unggulan Bidang Pendidikan

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai) dan Wabup terima audiensi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) serta dilanjutkan dengan Sosialisasi Program Unggulan Bidang Pendidikan (Matematika dan Bahasa Inggris) di Ruang Audiensi Bupati dan Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, Selasa (29/10/2019).

Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan APKASI, Himmatul Hasanah, MP mengatakan APKASI sebagai organisasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia yang beranggotakan 416 Kabupaten, memiliki visi dan misi strategis bagi daerah yang dituangkan kedalam tugas pokok dan fungsi Apkasi yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mewakili APKASI menyampaikan perjuangan kita di bidang pendidikan, fokus tiga hal terkait kualitas pendidikan kita di level internasional yaitu Program Peningkatan Mutu Guru antara lain dengan metode Smart Teaching, bagaimana mengajar itu lebih menyenangkan.

Bupati Sergai Minta APKASI Fokus Kualitas Pendidikan

Pada bidang studi Matematika dan Bahasa khususnya Bahasa Inggris, sebab khusus bahasa Inggris menjadi salah satu syarat penting dalam persaingan global.

Topik permasalahan tentang kondisi tenaga pengajar khususnya guru honorer dan kekurangan guru yang masif namun hingga sekarang belum teratasi secara signifikan. Pada kenyataannya, terdapat sekitar 60% guru honorer. Jika tidak diatasi dengan segera, sementara guru honorer tersebut belum mendapatkan penghargaan dan penghasilan yang sesuai dengan pengabdiannya.

Hal ini terus-menerus menjadi bahan kajian di APKASI bersama para bupati seluruh Indonesia. Pada intinya, pendidikan harus dilihat secara holistik. Mulai dari ketersediaan bangunan sekolah, sarana dan perlengkapan pendukung proses belajar mengajar. Jika bicara infrastruktur dan sarana kelengkapan, tentu kita tidak bisa menafikan bahwa pemerintah terus berusaha meningkatkan dua hal ini.

APKASI melihat, tenaga pengajar harus mendapat perhatian dan bimbingan intensif, sehingga proses transfer ilmu di sekolah berlangsung baik, proses belajar menyenangkan, ada interaksi aktif antara pendidik dan anak didik serta bagaimana menciptakan orientasi pada hasil.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan terimakasih dan kehormatan atas kunjungan serta perhatian APKASI di Kabupaten Serdang Bedagai ini. Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi perhatian dan rencana solusi bagi para guru honorer saat ini. Terkait hambatan dan segala permasalahan dengan subjek Guru Honorer semuanya bergantung pada tiga hal yaitu Kompetensi, distribusi dan renumerasi.

Kompetensi SDM

Terkait kompetensi, Sumber daya manusia menjadi kunci penting untuk memenangkan persaingan global. Tenaga profesional dalam negeri bersaing dengan tenaga kerja asing dan menimbulkan persaingan ekonomi yang ketat. Kondisi ini menyebabkan adanya urgensi terhadap kemampuan bahasa Inggris.

Di Asia, tingkat kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih di bawah Malaysia dan India yang berada di level tinggi, lalu diikuti oleh Korea Selatan, Vietnam, Jepang dan Taiwan.

Baca Juga: Bupati Sergai Hadiri Rapat Persiapan TPO 2021

“Hal tersebut menunjukkan perlu adanya kesadaran dari masyarakat Indonesia khususnya guru untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, yang disertai dukungan dari berbagai pelaku sektor pendidikan, baik dari sektor formal maupun informal,” kata Bupati Sergai.

Kemudian permasalahan kedua adalah kurang meratanya distribusi tenaga pendidik khususnya tenaga honorer. Dari total 5.905 jumlah ASN Kabupaten Sergai, 4. 000 orang diantaranya tenaga fungsional (tenaga pendidik dan kependidikan), serta terdapat 1530 tenaga kontrak.

Dari jumlah tersebut masih terdapat beberapa wilayah yang kekurangan guru khususnya mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris.

Turut dalam audensi itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan APKASI Himmatul Hasanah, MP beserta tim, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin. Hadir juga Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M. Si, Kepala BKD Drs Dimas Kurnianto, SH, M. Si, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan se-Sergai.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment