Sri Mulyani Yakin Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III di Atas 5 Persen

Pertumbuhan ekonomi triwulan

topmetro.news – Pertumbuhan ekonomi triwulan III-2019 berada di atas lima persen. Sikap optimistis ini dilontarkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang melihat kinerja dari sumber domestik akan memicu pertumbuhan ekonomi nasional. Katanya, sumber domestik bakal memberi kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi seperti konsumsi rumah tangga dan investasi yang diperkirakan masing-masing tumbuh lima persen.

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan, Ada Perbaikan

“Kemarin sudah menunjukkan perbaikan, jadi kami tetap optimistis Q3 bisa di atas lima persen,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Namun, dia mengakui sektor ekspor belum mampu memberikan kontribusi kepada perekonomian karena berkurangnya permintaan dari negara-negara maju.

“Mungkin yang berat adalah eksternalnya, ekspor,” kata Sri Mulyani seperti disiarkan JPNN.

APBN Jadi Stimulus

Dalam kondisi ini, Sri Mulyani memastikan APBN akan menjadi stimulus untuk menggerakan roda perekonomian, yaitu melalui efektivitas belanja pemerintah.

“Dari sisi makro kita bisa memberikan stimulus yang tidak akan menekan ekonomi. Untuk itu, kami harap KL selesaikan belanja dalam dua bulan terakhir. Ini bisa tentukan growth pada Q4,” ujarnya.

Siap Hadapi Tekanan Global

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada semester I-2019 sebesar 5,06 persen meski menghadapi tekanan global.

Berdasarkan pencapaian tersebut, pemerintah menargetkan perekonomian Indonesia pada akhir 2019 bisa tumbuh mencapai 5,2 persen.

baca berita terkait | SRI MULYANI JADI MENKEU TERBAIK ASIA PASIFIK

Seperti diwartakan Topmetro.news sebelumnya Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu) RI kembali mendapat pengakuan tingkat Internasional. Setelah beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik di dunia, kini predikat itu diberikan majalah keuangan FinanceAsia sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2018.

Sebagaimana dirilis Kemenkeu.go.id, penghargaan yang sama juga telah diterima Menkeu Sri Mulyani tahun lalu. Menurut FinanceAsia, Menkeu Sri Mulyani berhasil membawa perkonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Menteri Sri Mulyani dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.

sumber | jpnn

Related posts

Leave a Comment