You are here
Delegasi Maroko Nikmati Arsik dan Keindahan Geopark Kaldera Toba Komunitas Travel & Wisata 

Delegasi Maroko Nikmati Arsik dan Keindahan Geopark Kaldera Toba

topmetro.news – Geopark Kaldera Toba, keindahan alamnya memang tak bisa ditawar lagi. Bahkan itu dibuktikan dari perjalanan rombongan Familiarization (Fam) Trip asal Maroko menjelajahi destinasi wisata di Sumatera Utara, dipusatkan di Tele, Kabupaten Samosir.

Geopark Kaldera Toba2
foo | samosirnews

Geopark Kaldera Toba, Dimanjakan Potensi Alam

Kesan menakjubkan ini tampak ketika rombongan tiba di Rest Area Geopark Kaldera Toba Tele, yang berada persis di samping Menara Pandang Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sabtu (2/11/2019).

Santai dan nyaman bagaikan di negara sendiri, mereka tampak bersenang-senang menikmati pengalaman baru, yang dimanjakan potensi alam.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Mulai dari mecoba arsik ikan mas, hingga menjadi pusat berhatian lantaran spontan berbaur dan berjoget bersama wisatawan lokal yang juga sedang beristirahat di Rest Area Tele.

Ada Menu Sambal Andaliman

Saat makan siang, rombongan Fam Trip Maroko dijamu oleh Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata dengan hidangan lauk arsik ikan mas, nila goreng, daun ubi tumbuk, dan sambal andaliman.

Fatima Zahra Imzouarh, salah satu tour operator Maroko memberikan komentar perbedaan yang paling mendasar antara masakan Indonesia dan Maroko adalah tingkat kepedasan.

“Makanan kita tidak terlalu pedas, tapi saya yakin kebanyakan orang Maroko akan suka dengan ikan arsik yang saya cicipi hari ini. Bumbu-bumbunya terasa sangat kuat. Menarik sekali menikmati santapan yang sangat berbeda dengan negara saya,” sebutnya.

Tariq Benhadda, seorang jurnalis media daring di Maroko juga sepakat bumbu atau rempah dengan cita rasa kuat menjadikan kuliner Indonesia sangat bervariasi.

“Beruntung, hari ini kami bisa menikmati beberapa dari variasi kuliner Indonesia, yaitu khas Sumut. Ada andaliman dan arsik, sedikit pedas tapi lezat,” ujarnya.

Ikut Menari Bersama

Usai santap makan siang sambil menikmati panorama bukit-bukit dan Danau Toba, rombongan pun bergabung dengan rombongan wisatawan lokal berkaraoke dan berjoget di lapangan terbuka di sekitar Menara Pandang Tele.

Secara spontan rombongan berbaur dan ikut menari bersama.

Hal ini mengundang banyak perhatian sekaligus menghibur, mengundang banyak mata yang melihat untuk ikut berjoget.

Perjalanan menjelajah Negeri Indah Kepingan Surga berlanjut ke Kampung Ulos Hutaraja dan ke Batu Persidangan di Huta Siallagan.

Mendampingi rombongan Fam Trip Maroko ini, hadir Sekretaris Pertama KBRI di Rabat Hanung Nugraha, Sekretaris Ketiga KBRI di Rabat Erna Sugih Priatin, dan Staf KBRI di Rabat Nisrine Znaidi. Kemudian, mewakili Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Setdaprov Sumut, mewakili Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut, dan mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut.

baca berita terkait | APA KATA PARA TOUR OPERATOR TERKAIT PARIWISATA SAMOSIR

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, berwisata saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dan mendesak, terlebih di tengah kesibukan untuk memecah kemonotonan dan kejenuhan melakukan aktifitas keseharian. Setiap pelaku usaha di destinasi wisata sekarang berlomba-lomba menarik pengunjung dengan berbagai upaya tentu untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Menarik ketika membahas Super Priority Destination – Danau Toba oleh Kementerian Pariwisata. Ada beberapa raksasa destinasi wisata yang pastinya punya potensi luar biasa yang harus ditata dan dikelola untuk sebuah industri yang memakmurkan masyarakat, khususnya masyarakat arus menengah ke bawah, yang memang belum sepenuhnya menikmati sektor pariwisata.

sumber | samosir news

116 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment