You are here
Mirip Ihan Batak, KMP Danau Toba II Diupayakan Beroperasi Tahun Baru 2020 Daerah Travel & Wisata 

Mirip Ihan Batak, KMP Danau Toba II Diupayakan Beroperasi Tahun Baru 2020

topmetro.news – KMP Danau Toba II (Kapal Mesin Penyeberangan) yang dikerjakan di Galangan Kapal Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sudah memasuki tahap 87 persen. Dikebutnya jadwal pengerjaannya untuk dapat beroperasi pada moment tahun baru 2020 dalam upaya antisipasi lonjakan penyeberangan di Danau Toba.

KMP Danau Toba II Bisa Berlayar Tahun Baru

Menurut Dimas Munandar, Kepala Proyek pengerjaan KMP Danau Toba II PT Dok Bahari Nusantara, kini pengerjaan masuk tahap 87 persen.

Mereka mengebut pengerjaannya agar mampu beroperasi di Tahun Baru dan mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan menyeberang di Danau Toba.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

“Pengecatan sudah kita lakukan memasuki Minggu kedua. Doakan saja akhir bulan Desember 2019 dan paling lambat awal Januari 2020, KMP Danau Toba II dapat beroperasi di Danau Toba. Ini untuk mendukung KMP Ihan Batak yang sudah beroperasi selama setahun,” jelas Dimas, Minggu (3/11/2019).

Menurutnya, ini juga merupakan arahan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk percepatan sarana pendukung pariwisata super prioritas Danau Toba. Sebab kapal mesin berikutnya akan segera dibangun apabila kapal kedua ini rampung.

“Yang kita dengar, KMP di Danau Toba juga didukung pembangunan Pelabuhan baru di sekitaran Danau Toba. Ada sakitar 12 Pelabuhan yang akan dibangun. Salah satunya saat ini dalam tahap pembangunan Pelabuhan Balige, Tobasa,” pungkas Dimas.

Penjelasan Dimas tidak sekadar isapan jempol, terkait percepatan penyelesaian KMP Danau Toba II.

Terlihat kapal sudah dicat, yang memiliki warna serupa dengan KMP Ihan Batak yang lebih dulu selesai setahun lalu.

baca berita terkait | KMP IHAN BATAK RESMI BEROPERASI

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, KMP Ihan Batak hari ini Kamis (27/12/2018) resmi dioperasikan. Hal ini untuk membantu penyebrangan dari Ajibata (Kabupaten Toba Samosir) dan Ambarita (Kabupaten Samosir). Diharapkan, pengoperasian KMP Ihan Batak dapat mengurangi tingkat antrean yang berkepanjangan di pelabuhan ferry penyeberangan sekaligus menggairahkan kembali sektor pariwisata Danau Toba.

sumber | lintangnews

199 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment