Mantap! Kontingen Sumut Finish Posisi Kedua di Porwil Sumatera X/2019

kontingen sumut finish posisi kedua porwil

Topmetro.News – Kontingen Sumut finish diposisi kedua, dengan memperoleh 25 medali, 16 perak dan 26 perunggu. Dalam Porwil (Pekan Olahraga Wilayah) Sumatera X/2019 di Bengkulu yang berakhir, pada Sabtu (09/11/2019). Pesta olahraga se-Sumatera yang digelar sejak 2 November 2019 lalu, berakhir dan ditutup secara resmi melalui upacara di Stadion Semarak Sawah Lebar Bengkulu.

Perbendaharaan medali Sumut atas 25 emas, 16 perak dan 26 perunggu tak mampu menyaingi Kontingen Riau, yang berada dipuncak klasemen dengan raihan 35 emas, 23 perak dan 37 perunggu. Dibanding dengan Porwil IX/2015 di Bangka Belitung. Posisi Sumut di Porwil ini, naik satu tingkat dari posisi ketiga ke urutan kedua. Perolehan medali emas juga bertambah dari 24 menjadi 25.

Sedangkan tuan rumah, Bengkulu, harus puas ditempat ketiga yang hanya kumpulkan 23 emas, 13 perak dan 18 perunggu. Disusul Sumatera Barat diposisi keempat, 23 emas, perak dan perunggu masing-masing 30 medali. Bangka Belitung lengkapi posisi lima besar atas 14 emas, 25 perak dan 24 perunggu.

Ketua Kontingen Sumut Ucapkan Terimakasih

Sementara itu, Ketua Kontingen Sumut, Prof Agung Sunarno mensyukuri hasil yang diraih di Porwil Bengkulu. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh atlet, pelatih dan skuad kontingen atas perjuangan, dedikasi dan kerjasamanya mengantarkan Sumut Bermartabat melalui olahraga.

Namun Agung mengakui, perjalanan kontingen yang dipimpinnya tidak semuanya mulus. Banyak kerikil menghadang yang diluar prediksi. “Saya bukan ingin mencari kambing hitam. Namun tidak sedikit kendala yang dihadapi di Bengkulu. Seperti kehadiran atlet-atlet import di hampir semua cabor kontingen Bengkulu, yang proses mutasinya disinyalir bermasalah,” akunya yang dihubungi.

Agung menambahkan, persoalan non teknis bertambah, soal ketentuan PB Olahraga yang bervariasi. Seperti di renang, atlet Pelatnas bisa mengikuti pertandingan lebih dari satu nomor atau gaya. Sehingga Riau yang memiliki perenang Pelatnas, bisa meraup13 medali emas di cabor akuatik tersebut.

“Sedangkan di atletik, Sumut sesungguhnya punya empat atlet Pelatnas. Tapi mereka hanya tampil di satu nomor. Kalau atlet Pelatas Sumut boleh turun di banyak nomor, tentu ceritanya akan lain. Begitupun atletik Sumut mampu menyumbangkan sembilan medali emas,” pungkasnya.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment