Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket

Anggota Satgas Yonif

Topmetro.News – Anggota Satgas Yonif (Batalyon Infanteri) Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku dibawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas, beberapa waktu lalu mengamankan 36 butir Munisi, Mortir dan Roket di Negeri Kaitetu, Kecamatan  Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Anggota Satgas Yonif2
foto kiriman | Puspen TNI

Satgas Yonif Raider Terima Info Masyarakat

Penemuan 36 butir Munisi, Mortir dan Roket di kebun milik warga Negeri Kaitetu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah diperoleh berdasarkan informasi dari warga setempat yang diterima Kopda Sofian anggota Pos Waitomu Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti sekitar pukul 14.30 WIT.

Kronologis Kejadian

Adapun kronologis kejadian, Jumat (8/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIT, Kopda Sofian menerima telepon dari salah satu warga Keitetu yang mengatakan menemukan benda mencurigakan seperti peluru besar yang ada di kebun salah seorang warga pada saat sedang membersihkan kebun Pala miliknya di hutan ujung Negeri Kaitetu berjarak lebih kurang 2 km dari ujung kampung Negeri Kaitetu.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Setelah menerima informasi itu, Kopda Sopian melaporkan kepada Komandan Pos (Danpos) Waitomu Letda Inf Sahrudi. Selanjutnya Letda Inf Sahrudi menghubungi Babinsa Mamua a.n. Koptu Manulaw yang rumahnya di Negeri Kaitetu.

Anggota Satgas Yonif3
foto kiriman | Puspen TNI

Petugas Menuju Lokasi Penemuan

Pukul 13.30 WIT, Danpos dan Babinsa Mamua beserta empat anggota pos, berangkat menuju lokasi penemuan benda yang ditemukan warga. Jarak dari pos sekitar 5 km menuju ujung kampung Negeri Kaitetu dan 2 km dari ujung kampung menuju kebun Pala.

Setelah sampai di kebun Pala sekitar pukul 14.30 WIT, di lokasi pertama kebun Pala ditemukan 13 butir Munisi Mortir. Kemudian dilanjutkan pencarian kembali di sekitar kebun lebih kurang 5 meter dari tempat pertama di pinggir tebing ditemukan lagi 23 butir peluru, terdiri dari 15 peluru Roket dan 8 butir peluru Mortir yang ditutupi oleh semak belukar.

Kemudian Danpos beserta anggota melakukan evakuasi terhadap Munisi, Mortir dan Roket tersebut dengan menggunakan pakaian yang digunakan ke tempat yang aman.

Peluru Mortir dan Roket Diamankan

Sekitar pukul 15.30 WIT, seluruh benda itu di bawa ke Pos Woitomu dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pada pukul 16.00 WIT, seluruh peluru Mortir dan Roket telah sampai di Pos Woitomu dalam keadan aman.

Selanjutnya, Danpos melaksanakan kordinasi dengan Danki untuk pelaksanaaan pengamanan peluru Mortir itu.

kiriman | Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment