Dandim 0204/DS Buka Sarasehan Kebangsaan ‘Rajut Persatuan Indonesia Maju’

Sarasehan Kebangsaan

topmetro.news – Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Selasa (19/11/2019), membuka Sarasehan Kebangsaan Program Pembinaan Terpadu dengan mengusung tema, ‘Mari Merajut Persatuan, Membangun Sinergitas untuk Mewujudkan Indonesia Maju’.

Dandim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dimaksud merupakan sarana silaturahmi dengan masyarakat. Itu sesuai kebijakan Presiden Joko Widodo dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Persatuan Bangsa

Sementara Wabup Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, dengan kegiatan itu semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Serta mewaspadai aksi-aksi yang ingin memecah belah bangsa yang selama ini telah terjaga.

Ia juga menyampaikan rasa keprihatinannya melihat maraknya potensi perpecahan komponen Bangsa Indonesia yang terjadi saat ini. Seperti politik identitas yang membuat seseorang atau kelompok menyerang kelompok lainnya.

“Ada kecenderungan konsentrasi untuk mencari menang. Bukan mencari yang terbaik. Sikap yang lebih cenderung individualistik dari pada kebersamaan radikalisme, adu domba dan maraknya berita berita hoaks yang akhir-akhir ini menjadi semakin merajalela,” tegasnya..

Untuk menyikapi situasi yang demikian, lanjutnya, perlu sebuah gerakan bersama untuk lebih mengedepankan dialog, menjunjung tinggi kebersamaan dan menghargai kebhinekaan dalam bingkai NKRI.

Tindakan Hukum

Harapan senada juga disampaikan Kajari Deliserdang Harli Siregar. Misalnya dalam mengawal pembangunan tersebut, tentunya perlu pengawasan agar anggaran tepat pada sasaran.

Di antaranya, program penegakan dan pencegahan. Yakni melalui Luhkum/Penkum, pelayan publik berbasis elektronik, optimalisasi PAD, penguatan APIP, Bankum/Yankum, Timkum, Gakkum dan Tindakan Hukum (Tinkum).

Sedangkan program pemberantasan yakni upaya ultimum remedium, koordinasi aparat penegak hukum dan penyelamatan kerugian negara (asset recovery).

Sarasehan Kebangsaan yang digelar di GOR Pemkab Deliserdang, Desa Tanjung Garbus 1/Tanjung Sari, Kecamatan Lubuk Pakam tersebut juga dihadiri Wasev/Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kol Inf Martohap Simorangkir, Kabag Ops Polres Deliserdang Kompol Pol B Rubianto.

Juga Wakil Ketua DPRD Deliserdang Amit Damanik, Kaban Kesbangpol Kabupaten Deliserdang Togar Panjaitan, Kasdim 0204/DS Inf Muhsin SAg. Serta para Danramil/Kapolsek di kawasan Deliserdang serta tokoh agama dan masyarakat.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment