You are here
Harkop Sumut ke 72, Meningkatkan Kualitas Koperasi Menjadikan Sumut Bermartabat Ekonomi & Bisnis 

Harkop Sumut ke 72, Meningkatkan Kualitas Koperasi Menjadikan Sumut Bermartabat

Advertisement

topmetro.news – Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berharap koperasi di Sumut harus menjadi soko guru perekonomian Sumut. Karena itu, harus tetap dijaga serta berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumut yang diwakili Asisten Administrasi Umum dan Aset Sumut M Fitrius pada peringatan Hari Koperasi ke 72 Sumut, Senin (20/11/2019) lalu di Auditorium USU dengan tema ‘Peningkatan Kualitas Koperasi Menjadikan Sumut Bermartabat’.

Ia mengajak masyarakat agar dapat ikut masuk koperasi sehingga sama-sama dapat maju dan berkembang. Dia juga minta koperasi terus berinovasi mengikuti situasi zaman untuk perubahan yang lebih baik.

Kepala Dekopin Sumut Jabmar Siburian mengimbau masyarakat agar waspada pada koperasi yang tidak berbandan hukum. Menurutnya, saat ini banyak masyarakat yang dirugikan dan disengsarakan, selain ‘mencekik’ masyarakat dari sisi bunga. Mereka juga kerap menagih dengan memaksa tanpa tatakrama seperti debt collector.

“Saat ini banyak yang terlibat terutama ibu-ibu yang meminjam tanpa sepengetahuan suaminya. Begitu bunganya besar kemudian saat menagih menjadi permasalahan di keluarga,” ujarnya.

Regulasi Koperasi

Sebelumya Plt Dinas Koperasi Sumut Dr H Ridho Haykal Amal SH MH mengatakan, Diskop menyatakan mendukung dengan regulasi yang memberi kemudahan menjalankan usaha bagi koperasi. Koperasi di Sumut harus tumbuh dan berkembang menjadi koperasi besar seperti di negara-negara lain.

“Pemerintah saat ini membuka peluang sebesar-besarnya bagi koperasi agar bisa besar seperti di negara lain. Pemerintah hadir dalam memberi regulasi untuk memudahkan koperasi menjalankan usahanya dan dapat berkembang seperti di negara lain,” katanya.

Dalam acara puncak koperasi itu juga diberikan penghargaan kepada koperasi terbaik kabupaten/kota se-Sumut. Juga pemberian hadiah bagi pemenang lomba tingkat SMA se-Sumut dalam rangka memerihkan hari Koperasi Pemprov Sumut.

sumber | RELIS

89 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment