Suara Tembakan Gegerkan Masyarakat Kuta Tinggi Aceh Singkil

letusan senjata api

topmetro.news – Masyarakat seputaran PT Ensem Lestari yang berada di Desa Kuta Tinggi Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil digegerkan dengan letusan senjata api, Selasa (26/11/2019) lalu.

Pasalnya sebelum letusan senjata api ini terdengar, beberapa hari sebelumnya terjadi aksi demo di perusahaan tersebut. Demo itu sendiri dilakukan oleh para karyawan di perusahaan itu.

Hal ini membuat warga di seputaran merasa resah dan takut.

Salah seorang warga yang tak mau disebutkan namanya menjelaskan, bahwa letusan senjata api tersebut terdengar sangat jelas dan kuat. Membuat dirinya yang tak biasa mendengar suara letusan menjadi shok.

“Suara letusan senjata api ini baru kami dengar. Dan tidak biasa kenapa ada suara letusan. Saya mengira karena adanya aksi demo para pekerja kemarin,” tuturnya, Minggu (1/11/2019).

Usut punya usut, ternyata pada saat itu ada dua mobil Brimob masuk ke lokasi perusahaan dan sedang melakukan latihan menembak.

“Yang kami ingin tanyakan, kenapa bisa ada latihan menembak di lokasi tersebut. Dan kenapa bertepatan dengan adanya aksi demo yang dilakukan oleh karyawan PT Ensem Lestari tersebut,” imbuhnya.

Pecat Karyawan

Selain itu pihak perusahaan juga ada ribut dengan masyarakat di seputaran. “Apakah ini bertujuan untuk menakut-nakuti masyarakat dan karyawan yang melakukan aksi demo?” tanyanya.

Sebelumnya diketahui bahwa manajemen perusahaan PT Ensem Lestari memberhentikan belasan karyawan. Informasinya, ada karyawan yang meminta kejelasan nasib mereka di dalam perusahaan tersebut. Namun para karyawan tersebut malah di-PHK secara sepihak oleh perusahaan.

Hal ini lah yang membuat para karyawan melakukan aksi demo. Bahkan nyaris rusuh setelah sebelumnya melakukan audiensi dengan pemda dan DPRK setempat.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment