Wabup Sergai Terima Audensi DPD Rumah Aspirasi Milenial Sergai

Wabup Sergai

topmetro.news – Wabup Sergai (Wakil Bupati Serdang Bedagai), H Darma Wijaya menerima audensi DPD Rumah Aspirasi Milenial (RAM) Kabupaten Sergai di ruang rapat Wabup Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Kamis (5/12/2019).

Wabup H Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan dukungan ditanamkannya mata pelajaran Pancasila dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Beliau juga menegaskan pentingnya penanaman nilai Pancasila bagi seluruh masyarakat Indonesia dari anak-anak sampai orang tua, dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang Universitas. Hal ini mengingat pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan serta nilai-nilai Pancasila yang terbukti telah mempersatukan Indonesia dengan Bhineka Tunggal Ika.

Wabup Sergai Berpesan Kepada RAM

“Beberapa tindakan anarkis seperti bom bunuh diri dan kekerasan mengatasnamakan agama yang terjadi akhir-akhir ini. Hal tersebut disebabkan rendahnya pemahaman terhadap nilai Pancasila dan nilai ajaran agamanya sendiri. Sehingga mudah saja didoktrin untuk melakukan tindak kekerasan dengan dalih pembelaan agamanya,” sebutnya.

Sedangkan Elvi Yuliani N Founder Rumah Aspirasi Millenial menerangkan, bahwa keresahannya mengingat telah dihilangkannya pelajaran Pancasila dalam kurikulum pelajaran sekolah di Indonesia. Karen dapat menggerus nilai luhur Pancasila dalam jiwa generasi muda dan dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dimasa mendatang.

 Baca Juga: Wabup Sergai Hadiri Acara di PA Sei Rampah Canangkan WBK dan WBBM

Beliau juga bertambah khawatir mengingat kemajuan teknologi media sosial yang sangat cepat, dengan teknologi tersebut berita akan sangat cepat tersebar termasuk berita yang benar dan berita bohong.

“Nah bila generasi muda millenial yang terpapar berita bohong tersebut tidak punya nilai luhur Pancasila, persatuan dan kesatuan maka akan sangat mengancam disintegrasi bangsa,” ujar Wabup Sergai.

Oleh karena itu, Elvi berinisiatif membentuk Rumah Aspirasi Milinial bersama teman sejawatnya yang sama peduli tentang melestarikan nilai luhur Pancasila dalam jiwa seluruh warga Indonesia. Melalui RAM yang bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) maka penanaman ideologi pancasila akan lebih mudah untuk dilakukan.

Undang 1500 Pelajar

Sementara Dedi Saputra yang juga founder RAM mengaku optimis telah dibentuknya BPIP oleh Presiden RI pada 28 Pebruari 2018 lalu mampu menjadi pendorong kembali ditanamkannya nilai luhur pancasila di Indonesia. Dedi menjelaskan RAM akan mengadakan seminar nasional tentang Penanaman Ideologi Pancasila 14 Desember 2019 di Pantai Wong Rame Pantai Cermin.

Dalam seminar tersebut akan menghadirkan Narasumber dari BPIP RI Romo Beni, Kapolda Sumatera Utara Irjend Pol Agus Andrianto SH MH, Tokoh Agama Pemersatu Bangsa TGB DR H. Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajagukguk MA. Wabup Sergai H Darma Wijaya juga mengundang 1500 pelajar dari Sekolah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sergai. Acara itu sendiri direncanakan nantinya akan dibuka langsung oleh Bupati Sergai.

Dedi kemudian mengajak seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk bergabung dengan mereka bersama menanamkan kembali nilai Pancasila dalam jiwa masyarakat khususnya Sergai.

Hadir dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs H Akmal AP M. Si, Kepala Badan Kesbangpol Purba Siregar, Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Jaini Purba S. SosI, Dedi Saputra selaku Co Founder Rumah Aspirasi Millenial serta beberapa pengurus RAM lainnya.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment