Demo di Kantor Gubsu, PMII dan PW Himmah Sumut Tuding Zonny Waldi Pejabat Terkorup

Puluhan massa

topmetro.news – Puluhan massa yang tergabung dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PW HIMMAH) Sumatera Utara, menuding Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara Zonny Waldi sebagai salah satu pejabat terkorup selama menjadi pejabat eselon II di Kantor Gubsu.

Penegasan ini diungkapkan Koordinator Aksi Sukri Soleh Sitorus ketika berorasi di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Senin (9/12/2019).

Dalam orasinya Sukri mengatakan Kepala Dinas Perindag Sumatera Utara diduga melakukan tindak pidana korupsi. Di antaranya pada pengadaan enam unit kapal di Dinas Kelautan dan Perikanan yang merugikan keuangan negara/daerah mencapai Rp8,7 miliar pada tahun 2014. Yang mana pada putusan perencanaan kegiatan pengadaan kapal UK 30 GT Tahun 2014.

Dari kasus ini Ir Matius Bangun MSi selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) bersama Andika Anshori Afil Nasution SH dan Ir Ismet Rizal Pulungan selaku Pejabat Pelaksana Kegiatan Tekni (PPTK) telah merekayasa penunjukan konsultan perencanaan kegiatan tersebut. Rekayasa dimaksud disebut atas perintah pejabat eselon II yang pada saat itu dipimpin Zonny Waldi. Sehingga membuat KPA dan PPTK-nya mendekam di penjara.

Evaluasi Pejabat Koruptor

Sebagai pejabat yang terkorup, mahasiswa yang berunjuk rasa meminta Gubenur Sumatera Utara Edy Rahmayadi segera mengevaluasinya. Juga sekaligus mencopot pimpinan OPD yang diduga terlibat korupsi. Sehingga daerah Sumatera Utara bisa lebih bermartabat.

Selain itu, puluhan massa mahasiswa juga mendesak Kapolda Sumatera Utara yang baru dan Kejaksaan Tinggi Sumut agar tegas melanjutkan proses hukum dugaan korupsi yang ada. “Serta tidak tebang pilih dalam menangani berbagai persoalan korupsi di instansi yang sudah merugikan negara,” ujar mereka.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment