Kontingen Indonesia Finis di Peringkat Empat SEA Games 2019 Filipina

kontingen indonesia sea games 2019

Topmetro.News – Kontingen Indonesia dipastikan mengunci finis diperingkat keempat di klasemen medali SEA Games 2019 Filipina. Sampai beberapa jam jelang penutupan. Tim Merah Putih berhasil mengoleksi 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu dengan total perolehan 266 medali.

Posisi keempat yang diraih Indonesia di SEA Games 2019 membuat target posisi kedua, yang ditancapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal terpenuhi. Meski begitu, Kontingen Indonesia dipastikan memenuhi target yang diinginkan pemerintah, dari sisi jumlah raihan medali emas. Setelah menyebut target 54 medali emas, pemerintah melalui Menpora Zainudin Amali sempat mengoreksi. Dan terjadi penurunan target menjadi 45-50 medali emas.

Revisi target medali kembali dilakukan untuk mengakomodir harapan Presiden Jokowi. Target emas lalu ditancapkan ke angka 60 emas. Hal itu berarti kontingen Indonesia sukses melewati target medali emas, yang ditetapkan sebelum keberangkatan.

Sukses Dibeberapa Cabor

Puncak klasemen ditempati tuan rumah Filipina disusul Vietnam dan Thailand, di posisi kedua dan ketiga. Keberhasilan Indonesia menyabet 72 emas tak lepas dari sukses beberapa cabor, melebihi target yang ditetapkan. Salah satu contohnya adalah menembak yang mampu meraih delapan emas, dengan target awal hanya satu emas.

Begitu juga cabor modern pentathlon yang tidak dibebani target. Tapi justru menyumbangkan empat medali emas buat Merah Putih. Sama halnya dengan boling yang meraih empat emas, dari satu emas target yang dibebankan.

Di balik sukses banyak cabor, ada pula cabor-cabor yang gagal mencapai target emas di SEA Games 2019. Renang, tinju, balap sepeda, soft tennis, taekwondo, e-sport, dan kurash adalah cabor-cabor yang tidak dapat memenuhi target medali.

Jumlah capaian 72 emas Kontingen Indonesia di Filipina tersebut, melewati pencapaian 64 emas di SEA Games 2013, sekaligus menyamai catatan 72 emas di SEA Games 2001.

Tak hanya itu, raihan di Filipina 2019 ini juga memperbaiki catatan di SEA Games 2017, di Kuala Lumpur Malaysia. Kala itu, Kontingen Indonesia berada di urutan kelima klasemen perolehan medali, dengan perolehan 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu. (TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment