Ketum Marga Naibaho: Sekadar Mendoakan Calon, Sah-sah saja

Pomparan Naibaho

topmetro.news – Ketua Umum DPP PPRNB (Punguan Pomparan Raja Naibaho dan Boru) Indonesia Bachtiar Ravenala Ujung mengatakan, bahwa kalau sekadar mendoakan seorang calon bupati, sah-sah saja. Hal itu disampaikan kepada topmetro.news, Rabu (15/1/2020), terkait isi surat yang diedarkan di media sosial, yang menyatakan ‘Pomparan Naibaho si Lima Ompu’ akan mengadakan doa bersama memberangkatkan Rapidin Simbolon sebagai calon Bupati Samosir.

Ditegaskan Bachtiar Ravenala Ujung, siapa pun calon yang meminta, maka Punguan Naibaho” pasti akan mendoakan. Tapi yang pasti, katanya, bahwa Punguan Pomparan Raja Naibaho tidak boleh berpolitik praktis.

“Sebagai acuan adalah AD/ART DPP PPRNB Indonesia yang menyatakan bahwa organisasi tidak boleh berpolitik praktis. Karena punguan kita sudah berbadan hukum.
Bila pun calon meminta PPRNB untuk mendoakan, itu sah-sah saja. Dan punguan pasti mendoakannya siapa pun calon yang meminta. Tetapi bukan menyatakan sikap untuk dukung mendukung salah satu calon,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan, apakah ‘Naibaho si Lima Ompu’ bukan bagian dari PPRNB, sehubungan sudah terbentuknya DPD PPRNB Samosir, disebutkan, agar semua menjaga persatuan. “Menyikapi hal ini, kami pengurus DPP PPRNB se-Indonesia meminta semuanya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di dalam wadah Punguan Pomparan Raja Naibaho dalam menghadapi Pilkada Samosir 2020,” katanya.

Diungkapkan, bahwa pada Bulan Oktober 2017 DPD PPRNB Samosir dilantik. Lalu pada Bulan Juli 2018 seluruh Pomparan Raja Naibaho se-Indonesia mengadakan pesta akbar dan sepakat untuk kebersamaan di dalam wadah Punguan Raja Naibaho.

Sehingga diharapkan PPRNB sebagai organisasi yang sudah berbadan hukum bersikap netral. Bertindak elegan dan terhormat. “Dan diharapkan semua acara yang berbau politik harus dibawa melalui mekanisme organisasi. Yaitu melalui rapat pengurus untuk mengambil sikap dari PPRNB. Rapat dapat diusulkan melalui DPD ke DPP,” jelasnya.

Peran PPRNB di Pilkada Samosir

Terkait agenda KPUD Samosir pada Bulan Maret 2020 akan menetapkan Calon Bupati Samosir 2020, PPRNB pun sudah punya rencana. Salah satunya, membuat sebuah acara yang mengundang calon bupati yang sudah ditetapkan untuk memaparkan visi dan misi dalam membangun Samosir. “Kita meminta kepada calon bupati tentang apa kerjasama yang dapat dilakukan dengan PPRNB dan apa kontribusi yang PPRNB dapatkan. Dengan demikian, peranan PPRNB dalam membantu bupati untuk kemajuan Samosir dapat dilakukan dengan baik,” urainya.

“Demikianlah pernyataan dari DPP PPRNB se-Indonesia menyikapi surat edaran yang telah berkembang di media sosial. Besar harapan kami, kita semua tetap bersatu dan tetap solid di dalam kebersamaan. Sehat selalu dan Tuhan memberkati,” kata Ketua Umum DPP PPRNB Indonesia Bachtiar Ravenala Ujung, didampingi Ketua Harian Rudolf Naibaho, dan Sekretaris Jenderal Richard Naibaho.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment