‘Hack’ Facebook Milik Anggota DPRK dan Minta Uang, Seorang Warga jadi Korban

akun Facebook

topmetro.news – Penipuan mengatasnamakan salah satu politisi Partai NasDem yang saat ini menjadi anggota DPRK Aceh Singkil terjadi, Jumat (17/1/2020). Penipuan dilakukan oleh pelaku yang belum diketahui tersebut dengan cara menghack akun Facebook milik anggota DPRK tersebut.

Akibatnya salah seorang pemuda Kecamatan Gunung Meriah yang juga berprofesi sebagai wartawan, Sakdam Husein mengalami kerugian Rp1 juta, karena sudah terlanjur mentransfer kerekening atas nama Ibu Siti Patiah.

“Saya seperti orang linglung saat akun Facebook atas nama Ahmad Fadli tersebut mengirim pesan mesangger dan meminjam uang kepada saya,” ucap Sakdam.

Telepon Pemilik Akun

Awalnya ‘hacker’ itu meminta tolong, agar dipinjami uang sebesar Rp1 juta. Janjinya akan dibayar pada pagi harinya. “Tanpa curiga saya langsung mengirim uang tersebut kepada yang mengaku sebagai Ahmad Fadli. Dan baru menanyakan kepada bersangkutan via telepon bahwa saya sudah mentransfer uang tersebut,” urainya.

“Pada saat itu, yang bersangkutan mengatakan bahwa ia tidak ada menyuruh mentransfer uang tersebut. Langsung saya sadar kala itu bahwa saya sudah ditipu,” ucap Sakdam dengan nada lemas.

Sakdam menambahkan, bahwa dirinya sudah melaporkan hal ini ke pihak berwajib. “Dan kini sudah ditangani oleh mereka,” katanya.

BACA JUGA | Facebook Tutup 2,19 Miliar Akun Fiktif

“Semoga hal ini tidak terjadi kepada pengguna media sosial Facebook lainnya. Dan kalau ada yang mengatasnamakan akun Facebook Ahmad Fadli atau nama lainnya, sebaiknya coba hubungi nomor handphone bersangkutan. Dan apabila meminta uang mohon jangan ditanggapi,” katanya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment