Masyarakat Aceh Singkil Ramai-ramai Daftar Seleksi Perangkat Desa

seleksi perangkat desa

topmetro.news – Masyarakat Aceh Singkil ramai-ramai mendaftar untuk seleksi perangkat desa, Senin (20/1/2020). Hal itu menyusul dengan adanya surat penegasan dari Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengenai perangkat desa yang harus tamatan SMA sederajat.

Melalui Surat Edaran Bupati pada 31 Desember tentang diberlakukannya Qanun No. 7 Tahun 2015 tentang perangkat desa yang harus memiliki ijazah tamatan SMA sederajat.

Hal ini ditegaskan Dulmusrid mengingat masih banyaknya kepala desa di Aceh Singkil tak mengindahkan Qanun tersebut serta banyaknya laporan masyarakat terkait perangkat desa yang tak memiliki persyaratan lengkap. Namun diangkat menjadi perangkat desa.

Para warga ramai-ramai datang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil untuk melegalisir ijazah mereka yang dimana menjadi salah satu syarat untuk mengikuti seleksi perangkat desa di desa masing masing.

Menurut penuturan salah satu pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil bagian register, Paini, mengatakan, sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang datang untuk melakukan legalisir ijazah. Kebanyakan untuk melengkapi persyaratan seleksi perangkat desa.

“Kami sampai kewalahan menerima berkas para masyarakat yang ingin melegalisir ijazah mereka, untuk mengikuti seleksi perangkat desa,” ucap Paini.

“Hal ini tidak bisa juga kita pungkiri dan akan tetap kita terima berkas mereka. Mengingat kedatangan mereka tentunya berpengaruh terhadap kemajuan desa mereka masing masing,” masih katanya.

Dampak untuk Perkembangan Desa

Sementara itu salah satu warga Ujung Bawang Julkarlin menjelaskan bahwa dengan dibukanya lowongan untuk diangkat menjadi perangkat desa secara terbuka, berdampak pada perkembangan desa tentunya. Sehingga putra-putri desa dapat mendaftar.

“Kami sangat bersemangat dengan adanya rekruitment ini. Tentu selain mengabdi untuk desa juga bisa memberikan kesempatan bagi warga untuk menjadi perangkat desa,” kata Julkarlin.

“Semoga rekruitment ini, dibuka secara transfaran dan kredibel. Sehingga para peserta yang lulus nantinya benar-benar orang yang memiliki SDM yang dapat membangun desa,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment