Makna Tahun Baru Imlek dan Perayaan Cap Go Meh Bagi Etnis Tionghoa

Tahun baru Imlek

topmetro.news – Tahun baru Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi etnis Tionghoa yang dirayakan tepat tanggal 25 Januari. Di tahun 2020 ini merupakan tahun Tikus Logam dalam kalender China.

Masa perayaan Tahun baru Imlek berlangsung selama 15 hari yang biasanya di sebut Cap Go Meh.

Jadi, Cap Go Meh merupakan hari ke-15 atau hari terakhir masa perayaan Tahun Baru lmlek etnis Tionghoa di seluruh dunia. lstilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama.

Dimana, Cap berarti Sepuluh. Sedangkan Go berarti Lima, dan Meh artinya Malam. Perayaan ini biasanya dirayakan dengan jamuan besar dan hiburan lainnya.

Djohnpao Comedy Show Meriahkan Tahun baru Imlek

Dalam rangka perayaan itu, artis Medan dari Team Djohnpao Comedy Show menggelar acara unik. Mereka nantinya akan berkolaborasi dengan artis comedy asal Singapore, Alamak Hui dan Mark Lee.

Comedy yang juga dimeriahkan dengan barongsai dilaksankan pada tanggal 08 February 2020 mendatang di Pavilion Hall Regale International Convention Center.

Pada tahun sebelumnya, Team Djohnpao Comedy Show kali kedua melaksanakan teaternya. Namun, biasanya, tim yang berjumlah 9 orang terdiri dari; Djohnpao, Andy Chenxing, Sheriy Suretno, Andy Pg, Felix U, dr. William Tandean, Zettarius, MC Bensu, dan Chandra itu menggelar dengan thema charity (amal).

Memperkenalkan Budaya Tionghua

“Kali ini kita bertemakan Comedy. Tujuannya untuk memeriahkan malam terakhir perayaan hari imlek di tahun Tukus 2020 dengan memperkenalkan, mensosialisasikan dan memasyarakatkan acara budaya Tionghoa seperti berkumpul makan keluarga dengan saudara atau teman terdekat,” kata, Djohnpau, di Pavilion Hall Regale International Convention Center Medan, Selasa (21/1) siang.

Selain Comedy yang mereka tampilkan, acara menyambut Tahun baru Imlek juga diisi dengan seni atraksi barongsai, Iagu imlek, penyampaian makna imlek dan sebagainya kepada masyarakat umum dan Tionghoa pada khususnya.

Biasanya, jelas Djohnpau, mereka mengisi acara Imlek di puncak Cap Go Meh pada malam 30. Kali ini, mereka menyiapkan acara tepat pada malam ke 15.

“Kali ini, Komedi yang kita tonjolkan dan kita harapkan Imlek tahun ini lebih baik pagi. Semoga tujuan perayaan ini adalah mempererat hubungan pertemanan dan kekeluargaan di hari H semua terhibur. Harapan kita juga semoga kita semua seluruhnya bisa kumpul bersama, karena banyak diantara kita di hari raya seperti lebaran dan Imlek tak bisa kumpul karena kesibukan dan lainnya,” harapnya.

Untuk tampil memukau di atas panggung, Team Djohnpao Comedy Show mengaku telah mempersiapkan keseluruhan hingga 80 persen baik persiapan konsep musik, video fron, animasi yang kini mulai rampung.

Bahkan dalam penjualan tiket, management dan Team Djohnpao Comedy Show mengatakan bahwa saat ini tiket sudah sold out (habis terjual). Antusias warga dan penonton telah lebih dulu mengorder.

Maka dari itu, pihaknya mengaku akan mempersiapkan tiket tambahan yang tentunya akan melakukan koordinasi dengan pihak hotel.

Salah seorang personil, dr Wiliem Tandean mengaku ketertarikannya dengan Team Djohnpao karena tergabung dengan orang-orang di dalamnya yang dianggap multitalenta.

“Selain itu, saya tertarik karena moment kebersamaan. Di perayaan Tahun baru Imlek ini mungkin kita tak bisa ngasih angpao tapi bisa ngasih kebahagiaan,” tutur, dr. Wiliem Tandean yang diakhiri foto bareng bersama awak media dipandu MC. Shelli.

Reporter | Iswandi Nasution

Related posts

Leave a Comment